Turun 80 Persen Karena Pandemi, Sektor Pariwisata Mulai Menggeliat

Desain arsitektur hotel
Sumber :
  • Instagram The Westin

VIVA – Sektor pariwisata sangat terpuruk akibat pandemi virus corona atau COVID-19. Bahkan, Juru Bicara Kementerian Pariwisata, Prabu Revolusi menyebut jumlah kunjungan wisatawan mengalami penurunan sebesar 80 persen.

Kisah Wanita di Mataram, Korban Pelecehan Seksual Justru Dijerat UU ITE

Karena pandemi, wisatawan belum banyak plesiran. Jika sektor pendidikan dan ekonomi masih bisa jalan dengan adanya teknologi, tidak demikian dengan sektor pariwisata, sebab berlibur harus ada tempatnya. 

Untuk perlahan keluar dari masalah ini, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, Agustini Rahayu berusaha meyakinkan para wisatawan lokal bahwa destinasi di Tanah Air sudah siap untuk menghadapi new normal.

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

Nah, salah satu yang berani mengambil langkah untuk memajukan pariwisata di Tanah Air adalah industri perhotelan. Meski turut terdampak karena pandemi ini, mereka tidak mau berlama-lama berada dalam keterpurukan. 

Salah satu contohnya adalah Westin Hotels & Resorts di Surabaya, Jawa Timur, yang membuka hotel The Westin Surabaya, di tengah pandemi. 

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Rajeev Menon, President Asia Pacific Marriott International, menyatakan sangat senang dapat membuka hotel Westin keempat di Indonesia dan memperkenalkannya kepada lebih banyak penduduk lokal dan wisatawan. 

"Wisatawan dapat menemukan sejarah dan budaya kota sambil menikmati pemandangan kuliner modern. Tamu yang menginap di The Westin Surabaya, dapat memulihkan tenaga dan menyegarkan diri sambil menikmati apa yang kota ini tawarkan," ujarnya saat Virtual Press Conference Opening Ceremony of The Westin Surabaya, baru-baru ini.

The Westin Surabaya didesain dengan siluet melengkung yang elegan. Selain itu, hotel ini juga menawarkan pemandangan kota Surabaya, dari kamar suite dan pemandangan 270 derajat dari club lounge dan restoran.

Mengingat Surabaya adalah rumah bagi arsitektur kolonial dan monumen bersejarah, beberapa tempat wisata termasuk Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam Surabaya dan Tunjungan Plaza, semuanya berada di dekat hotel ini. Tamu yang menginap di sini juga memiliki akses langsung ke salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, The Pakuwon Mall.

The Westin Surabaya juga dikelilingi oleh lapangan golf, termasuk Pakuwon Golf & Family Club dan Bukit Darmo Golf. Sedangkan Bandara Internasional Juanda Surabaya, terletak sekitar 24 kilometer dari hotel ini. 

Secara keseluruhan, hotel ini memiliki 204 kamar dan suite yang luas dan menawarkan ruang acara seluas 9.000 meter persegi, serta menampilkan Grand Ballroom terbesar di Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya