13 Tempat Wisata di Malang Paling Populer dan Instagramable

Taman Kemesraan
Sumber :
  • Instagram @tamankemesraan

VIVA – Tempat wisata di Malang menyuguhkan pesona yang beragam dan sangat menawan. Tak hanya wisata alam seperti gunung Bromo saja yang bisa kamu nikmati, namun ada beberapa wisata unik lainnya yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Kota Malang. Berikut sederet rekomendasi tempat wisata di Malang yang hits dengan spot foto instagrammable pastinya.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

1. Florawisata San Terra de Lafonte

Florawisata San Terra de Lafonte

Photo :
  • florawisatasanterra.com
Libur Lebaran, The Jungle Bogor Siapkan Banyak Promo dan Hadiah

Jika kamu pengen ke luar negeri tapi belum ada budget kesana, tenang saja. Tempat wisata di Malang yang satu ini bisa menjadi rekomendasi berlibur kamu. Ya, Florawisata San Terra de Lafonte. Tempat wisata ini merupakan hamparan taman bunga yang ditanam langsung di pot maupun di gantung. Selain itu, ada spot foto yang Instagrammable dengan background bangunan warna-warni ala luar negeri. Spot bangunannya ada dari Korea, Belanda, hingga Italia. Berkeliling di tempat ini sudah berasa keliling dunia, ya. Untuk harga tiketnya masih terjangkau lho yang berkisar Rp 20.000 - Rp 25.000 saja. Lokasi ini berada di Jalan Raya Madya, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391.

2. Batu Night Spectacular

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Gemerlap lampu di Batu Night Spectacular.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Malang selanjutnya ada Batu Night Spectacular (BNS). Batu Night Spectaculer ini merupakan taman bermain dan festival pasar malam yang buka pada sore hingga malam hari saja. Objek wisata ini dilengkapi dengan berbagai macam wahana untuk anak-anak maupun orang dewasa. Seperti galeri hantu, slalom fest, trampolin, sepeda udara, taman lampion dan masih banyak lagi lainnya.

Tak hanya dimanjakan dengan wahana yang seru, BNS ini terletak di dataran tinggi yang menyajikan pemandangan indah dari Kota Malang di malam hari. Di sini juga tersedia food court dengan nuansa yang unik, di mana terdapat pemandangan air mancur menari dan layar tontonan sepanjang 50 meter untuk hiburan. Untuk tarif masuknya sekitar Rp30.000 (Senin – Kamis), Rp40.000 (Jumat – Minggu). Lokasi BNS berada di Jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-oro Ombo, Batu.

3. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo, Malang.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu menyukai wisata alam dan curug, Air Terjun Coban Rondo menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Air Terjun Coban Rondo merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan menjadi sumber mata air dari Cemoro Dudo yang juga terletak di lereng Gunung Kawi. Di sini, kamu tak hanya bisa menikmati air terjunnya saja, karena ada arena outbound dan flying fox yang dapat dinikmati dengan tambahan biaya tertentu.

Ditempat ini juga disediakan tempat untuk berkemah atau camping, serta fasilitas fun tubing untuk memanjat tebing air terjun, dan permainan paint ball di sekitar hutan. Harga tiket masuknya sekitar Rp.8.000 perorang, dan Rp.12.000 wisatawan asing. Lokasinya Air Terjun Coban Rondo ini berada di Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon.

4. Wisata Alam Brakseng

Wisata Alam Brakseng

Photo :
  • Instagram @brakseng

Tempat wisata di Malang selanjutnya yaitu Wisata Alam Brakseng. Tempat ini kerap dijadikan spot foto dengan latar perkebunan yang hijau hingga pegunungan. Pengunjung juga bisa mampir ke kafe yang dibangun warga setempat. Tiket masuk Wisata Brakseng ini hanya Rp5.000 per orang. Wisatawan bisa mengunjungi tempat Wisata Alam Brakseng pukul 07.00 – 17.00 WIB. Wisata Alam Brakseng berlokasi di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. 

5. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna.

Photo :
  • U-Report

Kamu anak pantai banget? Nggak perlu khawatir jika berlibur ke Malang tidak menemukan pantai. Tempat wisata di Malang ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Sesuai dengan namanya, Pantai 3 Warna ini memiliki tiga warna berbeda yang siap memukau para pengunjung. Tiga warna berbeda yang ada di pantai ini menunjukkan tiga zona kedalaman laut. Selain menjadi objek wisata yang indah, area ini juga menjadi hutan lindung atau hutan konservasi cagar alam Pulau Sempu.

Di Pantai Tiga Warna, terdapat terumbu karang yang kaya dan unik, karena tempatnya juga berdekatan dengan Pulau Sempu dan Pantai Sendang Biru. Harga tiket masuknya hanya Rp10.000. lokasi pantai ini berada di Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang.

6. Taman Langit Gunung Banyak 

Taman Langit Gunung Banyak

Photo :
  • U-Report

Taman Langit Gunung Banyak merupakan salah satu tempat yang menawarkan berbagai spot foto menarik dengan latar belakang Gunung Banyak. Konsep dari Taman Langit ini menggambarkan tentang tujuh Cahaya Cakra Manusia (bidadari). Oleh karena itu, tempat wisata ini dihiasi dengan 2 patung perempuan bersayap sebagai penggambaran bidadari. Sambil menikmati udara sejuk, pengunjung juga bisa bersantai dan menyantap hidangan di kafe yang tersedia. 

Wisatawan bisa mengunjungi Taman Langit Gunung Banyak mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB. Tempat wisata di Malang ini berada di kawasan Gunung Banyak, tepatnya di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Hanya dengan membayar tiket masuk Rp10.000, pengunjung sudah bisa berswafoto sepuasnya di berbagai titik yang ada. 

7. Bukit Jengkoang 

Bukit Jengkoang

Photo :
  • Instagram @bukitjengkoang

Bukit Jengkoang merupakan salah satu wisata baru yang menawarkan pemandangan perbukitan, hutan pinus, lahan pertanian, dan juga Gunung Arjuno yang megah. Tempat ini cocok dijadikan spot foto yang ciamik. Selain memiliki latar pemandangan alam, Bukit Jengkoang juga memiliki bangunan tua yang menarik untuk berfoto. 

Selain berfoto-foto, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain, seperti bersepeda, off-road jeep, hingga camping. Untuk off-road jeep, pengunjung bisa memilih trek yang santai maupun yang ekstrim. Bukit Jengkoang terletak di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sampai Juni 2021, pengunjung dapat berwisata tanpa dipungut tiket masuk alias gratis.

8. Taman Kemesraan

Taman Kemesraan

Photo :
  • Instagram @tamankemesraan

Jika tertarik dengan wisata edukasi, terutama berhubungan dengan budaya Jawa, maka Taman Kemesraan cocok untuk kamu. Taman ini menawarkan keindahan alam yang memadukan dengan kreasi manusia, ditambah suasana alam yang nyaman dan tentram. 

Beragam aktivitas yang dapat dilakukan di Taman Kemesraan, antara lain rafting, camping, outbound, berenang, hingga mencicipi berbagai hidangan. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk berswafoto dengan perahu, jembatan gantung, patung Ganesha, gapura putih, patung Garuda, pohon pakis, hingga patung ikonik Kamajaya dan Kamaratih. Dijamin makin aestetik foto kalian.
Untuk tiket masuk Taman Kemesraan ini sangat terjangkau yaitu Rp15.000 per orang. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Lokasi Taman Kemesraan ini berada di Dusun Tretes, Bendosari, Kecamatan Pujon, Malang.

9. Batu Flower Garden 

Batu Flower Garden.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Malang yang satu ini menyuguhkan pesona kebun bunga dengan panorama alam, disertai suasana menyejukkan. Batu Flower Garden dilengkapi berbagai lokasi foto menarik, diantaranya tiga spot love, tiga spot flower, hammock tower, gantole, rumah hobbiton, hammock garden, ayunan, tree house, es kimo, smurfy house, kursi terbang, dan lainnya. 
Selain berfoto-foto, pengunjung juga dapat bermain ATV, paintball, outbound, flying fox, dan trampolin.

Pengunjung perlu membeli tiket masuk sebesar Rp35.000 per orang yang sudah termasuk gratis dua spot foto, yaitu flower dan love. Sementara, jika ingin menikmati spot lainnya, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan lain yang berkisar antara Rp10.000 - Rp65.000. Wisata Batu Flower Garden buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tempat wisata ini berlokasi di Oro-Oro Ombo, Kehuanan, Kecamatan Batu, Kota Batu.

10. Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo

Photo :
  • Instagram @_southeastasia

Taman Labirin Coban Rondo menjadi salah satu tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Labirin ini dibuat dari tanaman hijau setinggi dua meter. Ketika masuk ke sini, kamu bakalan merasakan sensai masuk ke dunia film fiksi seperti Alice in the Wonderland. Nggak hanya mencari jalan keluar dari labirin, kamu juga bisa menikmati aktivitas seru lainnya di Taman Labirin Coban Rondo seperti bermain air di air terjun, outbond hingga berkemah. Untuk harga tiketnya hanya Rp10.000 saja per orang. Taman Labirin Coban Rondo ini berlokasi di Jl. Coban Rondo No.RT. 30, Sebaluh, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391

11. Museum Angkut

Suasana Benua Amerika di Museum Angkut, Kota Batu, Malang.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Malang selanjutnya ada Museum Angkut. Di tempat ini kamu bisa berswafoto dengan spot foto Instagramable sepuasnya. Selain foto-foto, di sini juga bisa menambah wawasan tentang angkutan dari seluruh dunia. Enggak ke museum namanya kalau tidak mendapat ilmu pengetahuan. Berlama-lama di museum ini tak akan membuat bosan, karena Museum Angkut juga sering mengadakan pertunjukkan seru yang tak terlupakan. Harga tiket masuk ke Museum Angkut ini sebesar Rp50.000 per orang. Untuk alamatnya berada di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

12. Kampung Warna-warni Jodipan

Kampung warna-warni Jodipan

Photo :

Rekomendasi tempat wisata di Malang selanjutnya ada Kampung warna-warni Jodipan. Tempat wisata Kampung warna-warni Jodipan atau dikenal dengan Kampung warna-warni Malang ini merupakan salah satu objek wisata terkenal di Malang. Dulunya, tempat ini merupakan perkampungan kumuh, tapi sekarang sudah berubah menjadi tempat paling ramai di Malang.

Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan di sini, terutama berburu spot foto cantik. Banyak hal seru yang bisa kamu nikmati selama berada di sini. Seperti berfoto di Jembatan Kaca yang menghubungkan Kampung Warna-warni Jodipan dengan Kampung 3D.

Jembatan ini beralaskan kaca, sehingga kamu bisa melihat aliran Sungai Brantas di bawahnya. Tenang saja, kaca yang digunakan sangat kuat menahan beban di atasnya kok. Foto kamu akan lebih indah ketika matahari mulai terbenam, orang-orang menyebutnya sebagai "golden hour".

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan kampung indah ini dari Jembatan Brantas. Lokasinya berada di sebelah selatan dari Stasiun Malang Kota Baru. Dari atas jembatan kamu bisa melihat warna-warni atap kampung yang eksotis dan unik.
Untuk tiket masuk ke Kampung warna-warni Jodipan ini hanya Rp3.000 saja lho. Lokasi tempat wisata di Malang ini berada di Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

13. Bromo

Gunung Bromo, Indonesia

Photo :
  • U-Report

Rekomendasi tempat wisata di Malang yang terakhir ada gunung Bromo. Wisata Gunung Bromo ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Gunung yang terletak di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo ini memang menyimpan pesona keindahan yang tak perlu diragukan lagi. Bahkan karena kecantikan yang dimiliki, lokasi gunung ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Mulai dari warga lokal, wisatawan luar kota, bahkan wisatawan mancanegara berbondong-bondong ingin melihat langsung kecantikan yang dimiliki oleh gunung berapi ini.

Gunung yang memiliki tinggi 2.392 MDPL ini tak hanya terkenal dengan pesona gunungnya, namun masih ada beberapa objek wisata andalan yang menjadi favorit di kalangan wisatawan. Beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat ke Gunung Bromo ini diantaranya ada penanjakan 1, Gunung Widodaren, wisata kawah utama Bromo, bukit cinta, bukit Teletubies Gunung Bromo, dan masih banyak lagi.

Objek wisata Gunung Bromo di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) tetap dibuka saat masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Pembukaan dilakukan lantaran objek wisata alam ini tidak terdampak langsung erupsi Gunung Semeru.

Itulah sederet rekomendasi tempat wisata di Malang yang wajib kamu kunjungi. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur natal dan tahun baru. Selamat berlibur.

Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024