10 Negara yang Pertama Kali Muncul di Dunia, Yunani Urutan Berapa?

Piramida Mesir.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ada beberapa negara yang pertama kali muncul di dunia yang wajib diketahui. Sebab ini bisa jadi tonggak awal kehidupan berbangsa dan bernegara di dunia. Negara tertua di dunia ini berdiri tak lama setelah adanya sebuah kehidupan yang terbangun. Jadi, negara yang pertama kali hadir di dunia mempunyai hubungan erat dengan sejarah peradaban manusia. Sejumlah peradaban pertama yang ada di dunia ditandai dengan orang-orang yang mulai meninggalkan kebiasaan hidup nomaden. 

5 Hidangan Sup Terbaik di Dunia, Rawon dan Soto Betawi Peringkat Teratas

Menyadur dari Oldest, diperkirakan bahwa hal ini sudah berkembang sekitar 6500 sebelum Masehi. Masyarakat pada saat itu mulai menduduki sebuah daerah dan kemudian mulai mengembangkan wilayahnya. Pengembangan wilayah tersebut yang akhirnya membentuk adanya kota dan ide tentang bangsa dan negara. Beberapa membentuk sebuah kerajaan yang sebagian mempunyai wilayah tidak jelas dan sebagian lainnya sudah jelas. Nah, berikut adalah ulasan mengenai negara yang pertama kali muncul di dunia. 

Lalu, Apa Saja Negara yang Pertama Kali Muncul di Dunia?
1. Mesir - 6000 SM

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Piramida Agung, Mesir.

Photo :
  • U-Report

Menurut sejarah, Mesir merupakan negara yang pertama kali muncul di dunia. Diketahui juga bahwa peradaban Mesir kuno sudah hadir sejak 6000 SM. Hal ini karena terdapat sebuah kelompok pemburu-pengumpul yang ketika itu berada di Sungai Nil. Kemudian tahun 3100 SM, berdirilah dinasti pertama di Mesir. Kemunculan dinasti tertua ini, kemudian menjadikan Mesir sebagai negara tertua yang ada di Bumi. 

Indonesia Menduduki Posisi Pertama dengan Perokok Laki-laki Terbanyak di Dunia

Sebagian ahli meyakini bahwa Mesir didirikan oleh seorang pemimpin yang bernama King Narmer yang memimpin daerah di sepanjang Sungai Nil. King Narmer juga pernah membangun ibu kota yang berada di Memphis, yang mana kota tersebut kini menjadi dekat Kairo. Sementara itu, peradaban Mesir modern mulai terbentuk sejak tahun 1953 usai terjadinya Revolusi Mesir tahun 1952 silam. 

2. India - 3300 SM

Wisata Taj Mahal di India. Image via: Business Destinations

Photo :
  • U-Report

Menurut laman Oldest, manusia mulai menetap di wilayah India sekitar 3300 SM. Akan tetapi, India baru membentuk sebuah negara pada saat periode Veda yang berlangsung sekitar 1500 hingga 600 SM. Menurut sejarah, periode waktu ini ditemukan lewat teks-teks Veda yang ada di dalam bahasa Sansekerta Veda. 

Peradaban Veda jadi dasar agama Hindu dan juga budaya di negara ini. Kerajaan pertama muncul sekitar 1.200 SM hingga akhir periode Veda. Akhir periode ini hadir agama baru seperti Hinduisme, Jainisme, dan Buddhisme. India kemudian menjadi dinasti kuat selama 3 millenium. Lalu, India modern mulai berdiri sejak tahun 1947 usai merdeka dari Inggris. 

3. Afghanistan - 3000 SM

Bulan Ramadhan Di Afhanistan

Photo :

Tanah Afghanistan sudah diduduki sejak awal 3000 SM. Kelompok manusia kemudian mendirikan kota pertama di dunia yang bernama Mundi Gak, berada di dekat Kandahar modern. Para ahli juga menemukan peradaban yang berada di Lembah Indus, salah satu wilayah yang berada di Afghanistan. 

Seiring dengan berjalannya waktu, hadir kelompok warga yang berasal dari Asia Tengah dan tinggal di Afghanistan. Lalu, Afghanistan berhasil diduduki oleh Darius I dari Persia dan juga Alexander Agung serta beberapa kerajaan yang lain. 

4. Tiongkok - 2070 SM

Kota Beijing, China.

Photo :
  • Pixabay

Sekitar 2070-1600 SM munculah dinasti yang pertama di China dengan nama Dinasti Xia. Masa dinasti tersebut tetap eksis sampai Dinasti Qing tahun 1912 muncul. Kehidupan modern di  Tiongkok ini ditandai dengan kehadiran Republik Rakyat China tahun 1949 silam. 

Peradaban di China ini juga dikenal dengan banyaknya penemuan. Mulai dari kertas, percetakan, kompas, sampai bubuk mesiu. Penemuan-penemuan ini membuat China menjadi sebuah negara dengan peradaban pertama di dunia yang memiliki kemajuan dalam hal teknologi dan sain. 

5. Georgia - 1500 SM

Georgia

Photo :
  • therichiest

Georgia adalah negara yang pertama kali muncul berikutnya dan berada di Eropa Timur. Mulanya, Georgia adalah bekas jajahan dari Uni Soviet dan berbatasan langsung dengan Rusia di sebelah utara, Armenia dan Turki di selatan. Berdasarkan sejarah, Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti/Iberia terletak di negara ini. 

Sekitar 1500 SM kedua kerajaan tersebut terletak di zaman perunggu. Kerajaan Colchis kerap disebut dalam mitologi Yunani. Georgia menjadi negara kecil sejak abad 12 SM. Negara ini mempunyai sejarah yang panjang layaknya Romawi singkat sekitar 66 SM. Negara ini juga diperintah oleh Rusia dan Persia. 

6. Ethiopia - 980 SM

Gurun Pasir Danokil Ethiopia.

Photo :
  • http://www.tercengang.net

Ethiopia juga menjadi negara yang pertama kali muncul di dunia yang berada di benua Afrika. Kehidupan berkembang di negara ini salah satunya adalah kerajaan D’mt yang berdiri sejak 980 SM - 400 SM. Kerajaan tersebut kemudian mengembangkan skema irigasi, alat pertanian, dan peralatan besi. Usai runtuhnya D’mt, Kerajaan Aksumite berkembang. 

7. Yunani - 800 SM

Yunani

Photo :
  • BusinessInsider

Yunani menjadi sebuah pusat ilmu pengetahuan di wilayah Eropa. Periode Archaic Yunani adalah periode menonjol yang meletakkan dasar periode klasik Yunani, yang saat ini menjadi fondasi peradaban Eropa modern. Menurut sejarah, Yunani diawali sekitar 800 SM usai Yunani muncul dari abad kegelapan. 

Masyarakat Yunani mempunyai kemajuan pada bidang teknologi, puisi, dan seni. Sejarak mencatat periode waktu ini merupakan polis atau negara kota. Periode tersebut kemudian muncul alfabet Yunani yang semakin dikembangkan. 

8. Jepang - 660 SM

Bendera Jepang.

Photo :
  • Istimewa

Diperkirakan kaisar pertama Jepang yang bernama Kaisar Jimmu berdiri sejak 660 SM. Kaisar ini dipercaya menjadi keturunan dari dewi matahari Amaterasu. Sejarah mengatakan bahwa tidak bisa dipastikan apakah Kaisar Jimmu benar ada atau tidak. 

Tapi, warga setempat merayakan Yayasan Nasional setiap tanggal 11 Februari yang bertepatan dengan kenaikan Kaisar Jimmu. Sejarah juga mencatat bahwa orang-orang pindah ke Jepang dari daratan Asia sekitar 13.000 SM. 

9. Iran - 550 SM

Teheran, Ibukota Iran.

Photo :
  • U-Report

Menurut sejarah, Iran kuno dikenal dengan sebutan Persia di peradaban Barat hingga tahun 1935. Iran kuno sudah berdiri sejak 550 SM yang berada di bawah kekaisaran Achaemenid. Usai hadir kerajaan, berbagai kelompok mulai tinggal di wilayah yang kemudian menjadi Iran. Kelompok tersebut menetap di wilayah Barat dan Barat daya Iran. 

10. San Marino - 301 M
San Marino adalah negara pertama yang muncul di dunia terakhir. Negara terkecil kelima di dunia ini berada di benua Eropa yang dikelilingi dengan negara Italia. San Marino kemudian disebut sebagai kota tertua di dunia. Negara ini telah resmi berdiri sejak 3 September 301 M saat Saint Marinus membangun sebuah gereja di Monte Titano dan gereja ini tumbuh di San Marino. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya