7 Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia, Jakarta Urutan Berapa?

Ilustrasi gedung perkantoran Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ada beberapa kota paling cepat tenggelam di dunia yang wajib diketahui sebagai salah satu cara mewaspadai kejadian mengerikan ini. Kehidupan manusia di dunia ini memang tampak semakin maju seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, manusia juga mempunyai ancaman serius dengan adanya kenaikan permukaan air laut. Beberapa kota di dunia bahkan sangat rentan tenggelam karena pemanasan global yang membuat permukaan air laut semakin naik. Nah, berikut adalah ulasan tentang kota paling cepat tenggelam di dunia.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

1. Shanghai, China

Disneyland Shanghai, China.

Photo :
  • Istimewa
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Shanghai adalah salah satu kota paling cepat tenggelam di dunia. Menurut EcoWatch, kota ini tenggelam dengan kecepatan sekitar 1 sentimeter per tahun. Penyebab utama penurunan muka tanah adalah pengambilan air tanah. Selain itu, kota juga kehilangan deposit yang secara alami melindunginya. Ini karena sungai-sungai kota telah dibendung dan sebagian besar sedimennya digunakan sebagai bahan bangunan.

2. Jakarta, Indonesia

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Proyeksi Ekonomi RI 2021,,,,Gedung Perkantoran Jakarta

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Menurut sebuah studi oleh Dr. Katherine Kramer, kota yang paling cepat tenggelam di dunia adalah Jakarta, Indonesia. Sejauh ini, sekitar 40% kota Jakarta mengalami penurunan muka tanah sebesar 25 cm per tahun. Pasalnya, Jakarta tidak memiliki jaringan air bersih yang handal.

Selain itu, banyak penduduk kota yang membangun dan menggunakan sumur pribadi secara tidak teratur. Hal ini dapat menyebabkan penipisan akuifer bawah tanah. Selain itu, terdapat dua fakto yang akan membuat Ibu Kota Tanah Air ini akan cepat tengelam, yaitu hujan lebat yang secara teratur membanjiri linkungan kota dan pembangunan gedung yang bisa merusak pondasi kota.

3. Kota Meksiko, Meksiko

Meksiko, suku aztec

Photo :

Meksiko juga masuk dalam daftar kota paling cepat tenggelam di dunia. Menurut EcoWatch, pemompaan air tanah telah menyebabkan permukaan air di kota itu turun sekitar 38 sentimeter per tahun di beberapa tempat. Selama 60 tahun terakhir, kota ini sebenarnya telah surut sekitar 9,8 meter atau lebih. Faktor lain yang menyebabkan tenggelamnya kota ini dengan cepat adalah bahwa kota ini dibangun di atas danau yang dikeringkan di dalam kawah kuno.

4. Venesia, Italia

Venesia kekeringan.

Photo :
  • U-Report

Kota tenggelam tercepat kedua di dunia adalah Venesia, Italia. Kota ini tenggelam sekitar 1 hingga 2 mm setiap tahun. Dikenal karena saluran airnya yang luas dan sejarah romantisnya, kota ini dibangun di atas laguna berlumpur dengan fondasi yang buruk. Hal ini menyebabkan tanah di bawah kota menjadi padat dari waktu ke waktu. Ditambah dengan kenaikan permukaan laut secara bertahap dari waktu ke waktu, kota ini perlahan akan dipenuhi dengan alam.

5. Lagos, Nigeria

Lagos, Nigeria

Photo :
  • U-Report

Kota tenggelam tercepat lainnya di dunia adalah Lagos di Nigeria. kota tersebut didirikan di lepas pantai dan menggabungkan serangkaian pulau. Lagos juga mengalami drainase yang buruk secara terus menenur sampai tertutup banjir.

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa bahkan kenaikan permukaan laut 1 hingga 3 meter akan menjadi bencana besar bagi wilayah tersebut. Selain itu, populasinya yang besar mengkonsumsi banyak air tanah setiap tahun. Akibatnya, penurunan muka tanah terjadi dari waktu ke waktu.

6. Bangkok, Thailand

source : www.bangkok.com / ilustrasi destinasi wisata

Photo :
  • vstory

Kota palin cepat tenggelam di dunia berikutnya adalah Bangkok. Faktanya, kota itu bisa berada dalam bahaya serius untuk tenggelam secara permanen dalam dekade berikutnya atau lebih. Bangkok saat ini tenggelam sekitar 2 cm per tahun. Sebuah laporan pemerintah tahun 2015 memperkirakan kota itu bisa tenggelam sekitar tahun 2030. Seperti kota-kota lain dalam daftar, penyebab utamanya adalah ekstraksi air tanah.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah menerapkan Undang-Undang Air Tanah 1977 dalam upaya untuk membatasi praktik ini. Tingkat pemompaan air tanah telah dikurangi dan air dipompa kembali ke tanah. Namun, langkah-langkah ini tampaknya tidak cukup untuk menyelamatkan Mexico City dalam jangka panjang.

7. London, Inggris Raya

Tower Bridge London.

Photo :
  • Pixabay

London, ibu kota Inggris yang terkenal dan ikonik, juga merupakan salah satu kota paling cepat tenggelam di dunia. Sayangnya bagi pejabat kota, masalahnya adalah peninggalan dari sejarah prasejarah kota. Selama zaman es terakhir, gletser besar menutupi sebagian besar Eropa utara. Berat mereka mendorong kerak di wilayah utara seperti Skotlandia, menyebabkan peningkatan besar-besaran di daratan selatan.

Saat gletser mencair, kerak bumi "memantul kembali", sehingga Skotlandia naik sekitar 1 mm per tahun. London, di sisi lain, akan tenggelam pada tingkat yang sama. Sebagai tindakan pencegahan, pemerintah juga membangun Thames Barrier pada tahun 1984, sebuah sistem penghalang yang dirancang untuk mencegah dataran banjir. Penghalang Thames diharapkan hanya digunakan 2-3 kali setahun untuk mencegah banjir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya