10 Sungai Paling Berpolusi di Dunia, Nomor 4 Ada di Indonesia

Sungai Gangga
Sumber :
  • dailypedia.net

VIVA – Ada beberapa sungai paling berpolusi di dunia karena berbagai faktor seperti pertumbuhan manusia dan perkembangan industri yang semakin pesat. Padahal sungai sangat bermanfaat untuk habitat bagi banyak makhluk hidup air, juga membawa kehidupan untuk masyarakat yang berada di sekitarnya. World Wide Fund mengatakan bahwa sungai merupakan urat nadi Bumi, yang berarti bahwa penyediaan air bersih dan segar adalah elemen penting untuk ekosistem manusia. 

Kemasan Guna Ulang Dinilai Perlu Digalakkan untuk Kurangi Timbunan Sampah Plastik

Tapi sayang, karena kekurangan intervensi dan pengetahuan manusia dalam melindungi sumber daya alam ini, ada beberapa sungai yang tercemar, dan para ilmuwan yakin bahwa perlu waktu seumur hidup untuk bisa memperbaikinya. Karena itu, ada beberapa sungai paling berpolusi di dunia di dunia. Hal ini bertujuan untuk membuat pernyataan bahwa dalam menyelamatkan, membersihkan dan memulihkan sungai supaya tidak mati. Nah, berikut adalah ulasan tentang sungai paling berpolusi di dunia yang disadur dari Dailypedia. 

10. Sungai Matanza-Riachuelo

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

Sungai Matanza-Riachuelo

Photo :
  • dailypedia.net

Ditemukan di Argentina, sungai paling berpolusi di dunia ini adalah rumah bagi tujuh juta orang yang tinggal di sepanjang garis pantai. Dan polusi disebabkan oleh orang-orang, perusahaan farmasi dan petrokimia yang tidak memiliki irigasi yang tepat atau cara untuk mencegah racun mencapai sungai. Sayangnya, baru-baru ini dinamai Matanza-Riahuelo, yang diterjemahkan menjadi “sungai penyembelihan” yang hanya menandakan betapa kotor dan tercemarnya sungai itu hingga saat ini.

Toyota Eco Youth 2024: Berkat Sampah Bisa Ketemu Barack Obama

9. Sungai Sarno

Sungai Sarno

Photo :
  • dailypedia.net

Terletak di Italia, Sungai Sarno adalah salah satu sungai paling tercemar di Eropa. Dulunya merupakan sumber mata pencaharian bagi masyarakat yang tinggal di sekitar daerah tersebut, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, banyak kasus kanker hati telah dilaporkan yang dikaitkan dengan pencemaran sungai, terutama dari bagian bawah ketika airnya tercampur dengan limbah pertanian dan industri.

8. Sungai Buriganga

Sungai Buriganga

Photo :
  • Tangkapan Layar

Sungai Buriganga di Dhaka dikelilingi oleh banyak perusahaan dan pabrik yang membuang limbahnya ke sumber air. Sungai yang dulunya menjadi tujuan wisata para pejabat, sayangnya, saat ini masyarakat dihadapkan pada bau busuk dan hewan busuk akibat polusi yang begitu masif. Air telah berubah menjadi hitam dan ikan ditemukan mengambang tak bernyawa di permukaan.

7. Sungai Marilao

Sungai Marilao

Photo :
  • Tangkapan Layar

Terletak di Bulacan, Filipina, sungai itu ditemukan memiliki keberadaan logam berat, bahan kimia, dan bentuk limbah lainnya. Laporan lingkungan merinci, sistem sungai sangat tercemar karena limbah dari penyamakan kulit, penyulingan emas dan logam mulia, peleburan Timbal terbesar di Filipina, dan juga karena banyak masyarakat membuang sampah sembarangan.

Di samping itu, ada sekitar 250.000 penduduk yang bergantung pada sumber air mereka, upaya membersihkan dan menjaga sungai paling berpolusi di dunia ini untuk menyelamatkan generasi berikutnya dan untuk orang-orang yang tinggal di sepanjang jalur air.

6. Sungai Anacostia

Sungai Anacostia

Photo :
  • dailypedia.net

Washing D.C. di Amerika Serikat adalah rumah bagi aliran air perkotaan yang terabaikan ini. Sungai Anacostia sangat tercemar oleh sedimen, nutrisi, patogen, racun, dan sampah sehingga tidak aman untuk memancing atau berenang, meskipun dikelilingi oleh taman.

Sekarang dijuluki sebagai "Sungai yang Terlupakan", badan air yang dulunya memberi kehidupan sekarang menjadi komunitas yang berisiko karena kelalaian manusia dalam melindungi sungai. Namun, upaya rehabilitasi perlahan dilakukan untuk mengembalikan sungai yang dulu indah ini.

5. Sungai Mississippi

Penduduk Missouri pulang ke rumah dengan menggunakan perahu sementara air banjir terus meluap dari Sungai Mississippi.-GETTY IMAGES

Photo :

Juga dari Amerika Serikat, Sungai Mississippi telah disebut sebagai surga pencemar. Menurut kelompok Lingkungan Missouri, sungai paling berpolusi di dunia itu ditemukan memiliki lebih dari 12,7 juta pon bahan kimia beracun seperti nitrat, arsenik, benzena dan merkuri pada tahun 2010. 

Bahan kimia beracun ini akhirnya mencemari air minum masyarakat sekitar dan diserap oleh air serta makhluk hidup yang tinggal di sana. Beberapa kelompok lingkungan serta Departemen Kesehatan AS sekarang bekerja bahu-membahu untuk membantu melestarikan sungai.

4. Sungai Citarum

Kondisi sungai Citarum dulu yang penuh sampah

Photo :
  • Istimewa

Sungai Citarum di Indonesia mendukung lebih dari 30 juta penduduk yang mengandalkan sumber air untuk pertanian, keperluan rumah tangga. Namun, pertumbuhan pabrik yang tidak diatur sejak industrialisasi yang pesat di kawasan itu pada 1980-an telah mencekik Citarum dengan limbah manusia dan industri. Banyak puing-puing seperti kemasan plastik dapat ditemukan hanya mengambang di sepanjang sungai.

3. Sungai Yamuna

Sungai Yamuna

Photo :
  • dailypedia.net

Terletak di India Utara, Sungai Yamuna adalah salah satu sungai paling suci di negara ini. Sumber air tercemar dari sisa-sisa pertanian, pembuangan limbah industri, dan limbah domestik. Pencemaran sebagian besar disebabkan oleh kurangnya sistem pembuangan limbah yang tepat dan penumpukan unit industri besar dan kecil yang membuang limbah mereka di sungai.

2. Sungai Kuning

Aliran sungai Kuning Cina

Photo :
  • U-Report

Sungai Kuning dikenal sebagai sungai induk semua orang China, tetapi belakangan ini, sungai itu dinyatakan tidak aman untuk digunakan apa pun. Kualitas air telah memburuk dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir, karena debit dari pabrik meningkat dan tingkat air turun karena pengalihan untuk kota-kota yang sedang booming. 

Menurut penelitian, Komite Konservasi Sungai Kuning mengatakan 33,8% dari sampel air sungai terdaftar lebih buruk dari level lima, yang berarti tidak layak untuk minum, budidaya, keperluan industri dan bahkan pertanian. Terlepas dari upaya pemerintah, sungai paling berpolusi di dunia ini tetap tidak aman karena kurangnya dana dan pengelolaan limbah yang tepat.

1. Sungai Gangga

Sungai Gangga

Photo :
  • dailypedia.net

Pertumbuhan populasi India menaik drastis, membuat Sungai Gangga menderita karena sampah manusia yang dibuang setiap hari dan merusaknya sampai ke intinya. Sungai Gangga adalah satu-satunya pemasok untuk semua komunitas sekitarnya yang tinggal di sekitar dan di kota-kota terdekat, tetapi sejumlah besar kontaminan industri, dibuang ke perairan suci, sungai paling berpolusi di dunia itu terkontaminasi dengan unsur-unsur beracun dan kimia beracun seperti kromium yang dengan cepat tumpah ke tepi sungai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya