Catat! Ini 7 Wisata Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi

Desa Wisata Kalibiru/ Sumber : VisitingJogja.com
Sumber :

VIVA – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya terkenal atas budaya dan kuliner nya, tetapi juga tempat wisata nya. Salah satu tempat wisata yang sangat dianjurkan untuk datang karena menyenangkan adalah tempat wisata Kulon Progo.

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Tempat wisata Kulon Progo memiliki keunikan nya sendiri-sendiri, sehingga banyak para wisatawan datang berbondong-bondong datang, wisatawan tersebut tidak hanya dari lokal saja, tetapi juga datang dari wisatawan mancanegara.

Agar tidak bingung karena ingin ke tempat wisata yang mana di Kulon Progo, Viva memberikan 7 informasi Wisata Kulon Progo yang wajib kamu kunjungi.

Keseruan Lari sambil Menikmati Suasana Pantai di Ajang Gunungkidul Beach Run

1. Kalibiru

Kalibiru, Kulon Progo, Yogyakarta.

Photo :
  • dokumen pribadi
17 Bandara Dicabut Status Internasionalnya kerena Kondisinya Begini

Berkunjung ke Kulon Progo, Yogyakarta kamu harus mampir ke kali Biru. Bagi kamu yang suka berfoto, dan ingin mempecantik unggahan di akun pribadi media sosial kamu , tempat ini layak dikunjungi.

Salah satu wisata Kulon Progo ini dilengkapi dengan banyak spot yang instagramable untuk para pengunjungnya. Spot favorit yang harus dan wajib dicoba adalah anjungan dengan latar Waduk Sermo di belakangnya.

Namun dibutuhkan sedikit usaha untuk mencapai anjungan yang terletak di pohon ini. Kita harus memanjat tangga agar sampai di atas pohon, dan baru dapat berfoto dengan ciamik.

Tidak perlu khawatir tentang keamanan, karena sebelum naik, kamu akan dipasang kan sabuk pengaman terlebih dahulu oleh petugas pengelola. Dijamin!, sepulang dari kunjungan ke Kalibiru, kamu akan memiliki banyak stok foto yang bisa dibagikan di media sosial.

2. Goa Kebon

Tempat wisata ini bisa dibilang menjadi hidden gems Kulon Progo. Sematan tersbut karena lokasinya berada di kawasan kebon atau pekarangan yang rimbun dengan aneka tanaman dan pepohonan sehingga temapt wisata yang satu ini jarang sekali yang tahu.

Begitu sampai di lokasi, kamu akan disambut dengan anak tangga yang menurun dan harus menuruni beberapa anak tangga ini untuk sampai ke mulut Goa Kebon.

Sesampainya di mulut goa, kamu akan disuguhi dengan gemericik air dari aliran air terjun yang jernih dan segar.

 Temapat wisata Goa Kebon selain pemandangan nya yang memang begitu indah, seperti sumber air di air terjunnya diklaim tidak pernah kering walaupun musim kemarau. Selain itu, juga terdapat batu stalaktit dan stalakmit yang bisa menjadi latar belakang pengunjung untuk berswafoto.

3. Puncak Widosari

Keindahan Puncak Widosari, Image By IG : @aninda_afidatu

Photo :
  • U-Report

Penyuka sinar matahari pagi (sunrise) atau sinar matahri terbenam (sunset), semua hal itu bisa disaksikan di Puncak Widosari ini. Tidak seperti bayangan kita, puncak ini bukan sebuah pegunungan, melainkan bongkahan batu kapur raksasa dan tinggi menyerupai menara.

Untuk mancapai tempat wisata Kulon Progo ini, perlu sedikit perjuangan untuk mencapai tempat ini. Kita harus berjalan kaki melewati deretan anak tangga yang lumayan curam dan mengular.

Di samping menyaksikan sunrise dan sunset, kita juga bisa menikmati indahnya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, serta pesisir pantai selatan Yogja yang saling berpadu menakjubkan.

4. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Photo :
  • U-Report

Kamu yang penat dengan suasana perkotaan dan kabur dari pekerjaan, ini merupakan tempat wisata Kulom Progo ini tepat untuk kamu kunjungi.

Saat berkunjung ke air terjun Kembang Soka, kamu akan disuguhi dengan pemandangan deras nya aliran air dan kondisi udara yang sejuk. Aliran air terjun pun memiliki beberapa tingkatan sehingga ketika air jatuh dari tingkat ke tingkat ersebut memiliki nilai keindahannya tersendiri.

Di sana juga disediakan ayunan bagi kamu yang ingin duduk dan berfoto di dekat air terjun. Jika tidak membawa makanan dan lapar karena sudah bermain-main dengan air, tenang saja di sana terdapat warung-warung makan yang menjual beragam makanan khas Yogyakarta, salah satunya gudeg.

5. Pantai Gelagah

Pantai Glagah yang berada di Kabupaten Kulon Progo ini dikenal sebagai salah satu pantai yang memiliki ombak yang besar. Maka tidak heran bila di kawasan pantai banyak sekali ditemukan tetrapod yang terbuat dari struktur beton berkaki empat.

Fungsi dari tetrapod ini digunakan sebagai pemecah ombak agar tidak masuk ke bibir pantai lebih jauh. Di tengah jajaran tetrapod tersebut dibangun jalan setapak panjang dari beton yang mengarah ke tengah laut. Jalan Setapak ini juga berfungsi sebagai akses menuju dermaga.

Banyak pengunjung yang datang justru memanfaatkan area tetrapod ini untuk memancing sambil menikmati angin laut dan debur ombak. Kehadiran jalan setapak yang dikelilingi tetrapod inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Glagah dan menjadi tempat foto faforit bagi pengunjung yang datang.

Terdapat beberapa aktivitas seperti memotret, memandangi deburan ombak di bibir pantai, menikmati pemandangan matahari terbenam, berkeliling pantai menggunakan motorcross, hingga wisata kuliner dapat kamu nikmati.

6. Rafting Kalibawang

Rafting.

Photo :
  • U-Report

Kamu yang menyukai tantangan dan wahana air yang ekstrim, wajib atau harus sekali datang dan jangan melewatkan wisata Kulon Progo yang satu ini.

Kamu dapat menikmati keseruan untuk meningkatkan adrenalin. Sambil bermain air, tentunya bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang mengelilingi sungai.

Selama mengarungi deras nya aliran sungai, guide akan menemani kamu di bagian depan dan belakang kapal, tetapi sebenarnya kamu tenang saja, karena sungai Progo juga sudah melalui beberapa uji tes kelayakan untuk wisata arung jeram.

7. Wildlife Rescue Center

Ilustrasi hutan.

Photo :
  • dw

Kamu yang merupakan orang menyukai beragam jenis binatang, maka temapt ini harus dikunjungi, yaitu  Wildlife Rescue Center ini.

Disana kamu dapat bertemu dengan berbagai hewan liar dan langka. Tempat ini memang di bangun dan memiliki fungsinya untuk dijadikan sebagai tempat perawatan hewan-hewan langka terancam punah.

Tempat ini  sangat bagus, karena terdapat sebuah organisasi yang merawat hewan langka yang hampir punah. Kamu pun sebagai pengunjung nantinya juga akan diberikan informasi edukasi tentang binatang-binatang langka tersebut.

Nah, itu 7 Wisata Kulon Progo yang wajib kamu kunjungi, tentukan tanggal dan siap segera diri kamu untuk menjelahi keindahan wisata di salah satu Kabupaten Yogyakarta ini!

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. VIVA/Muhammad AR

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bakal menindak pelaku pungli di lokasi wisata. Khususnya yang sedang viral beberapa waktu ini di Bogor, Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024