8 Desa Paling Angker di Indonesia, Jawa Timur Mendominasi

Desa Jungsemi, Jawa Tengah
Sumber :
  • Google Maps

VIVA – Beberapa desa paling angker di Indonesia ini sangat cocok untuk kamu yang mencintai dunia horor atau ingin menguji nyali. Umumnya sebuah desa identik dengan suasana yang asri, sejuk, dan tenang. Tapi, berbeda dengan beberapa desa di bawah ini karena dikenal mempunyai suasana angker dan identik dengan kisah-kisah mistis yang menyelimuti desa tersebut. 

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Bahkan, keangkeran yang ada di desa tersebut sudah bukan jadi rahasia lagi, karena cerita turun temurun yang melegenda. Selain ada banyak cerita mistis yang beredar, beberapa desa tersebut justru membuat penasaran dan tak jarang diliput oleh acara televisi. Nah, berikut ulasan tentang desa paling angker di Indonesia yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

1. Desa Jungsemi, Jawa Tengah

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Desa Jungsemi, Jawa Tengah

Photo :
  • Google Maps

Desa Jungsemi yang berada di Provinsi Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu desa paling angker di Indonesia. Desa ini mempunyai lokasi di daerah Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal. Salah satu tempat terkenal yang ada di desa ini adalah kehadiran makam kemangi. Makam yang satu ini dikenal angker dan beberapa kali diliput oleh televisi dan konten YouTube. 

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Meski dikenal sangat angker dan kental aura mistis, tapi tidak sedikit pengunjung yang datang karena penasaran maupun untuk menguji nyali. Beberapa pengunjung yang datang ke desa tersebut mengatakan bahwa mereka tak kuat dengan hawa gaib yang ada. Beberapa orang juga merasakan kelelahan sebelum masuk ke area makam kemangi. 

2. Desa Darungan, Jawa Timur

Desa Jungsemi, Jawa Tengah

Photo :
  • Google Maps

Mungkin kamu masih ingat dengan nama Desa Penari yang sampai dibuat menjadi sebuah film. Tapi, sampai saat ini belum diketahui di mana lokasi desa angker tersebut. Namun, bila melihat kembali ciri-ciri yang ada dalam cerita, Desa Penari itu sangat mirip dengan Desa Darungan. Desa ini berada di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Sudah sejak lama desa ini dikenal mempunyai banyak cerita mistis yang beredar. Ketika berkunjung ke kawasan desa tersebut, kamu bisa menjumpai adanya perumahan yang berada di tengah hutan tidak dihuni selama kurang lebih 10 tahun lamanya. Keangkerannya dilihat dari gambar ratu ular besar sampai laki-laki dan perempuan sedang bersetubuh. 

3. Desa Sragi, Jawa Timur

Desa Sragi, Jawa Timur

Photo :
  • Tangkapan Layar

Masih berada di Jawa Timur, Desa Sragi adalah salah satu desa paling angker di Indonesia yang cukup dikenal masyarakat kehadirannya. Desa yang satu ini berada di kawasan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Desa yang satu ini juga mempunyai satu bangunan yang dikenal sakral serta diyakini sebagai lokasi tempat tinggal Semar. 

Konon katanya, siapa saja yang memiliki kemampuan melihat dunia gaib, maka bisa melihat megahnya istana Semar yang dilengkapi dengan hiasan terbuat dari emas. Tak sedikit pengunjung yang datang ke lokasi ini diganggu oleh penampakan makhluk halus yang menyeramkan. Kawasan desa ini memang mempunyai aura mistis yang sangat kental dan menyeramkan. 

4. Desa Cibadak, Jawa Barat

Desa Cibadak, Jawa Barat

Photo :
  • Tangkapan Layar

Desa Cibadak ini merupakan salah satu desa paling angker di Indonesia yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Desa yang berada di kawasan Sukamakmur, Kabupaten Bogor ini semakin dikenal sebagai desa dengan aura mistis yang kental. Sejak terjadinya bencana alam berupa longsor tahun 2014, desa ini kini dikenal masyarakat dengan segudang cerita horor. 

Karena bencana tersebut, seluruh masyarakat desa meninggalkan kawasan tersebut dan sejak itu aura di lokasi itu semakin mengerikan. Salah satu cerita yang banyak beredar adalah ada masjid yang sudah tidak digunakan tapi masih sering terdengar suara adzan dan orang mengaji. 

5. Desa Sinjai, Sulawesi Selatan

Desa Sinjai, Sulawesi Selatan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Desa Sinjai ini berada di Provinsi Sulawesi Selatan juga dikenal sebagai salah satu desa paling angker di Indonesia. Desa yang satu ini dikenal mempunyai banyak cerita mistis. Salah satu cerita yang paling populer dari desa yang satu ini adalah masyarakat setempat pernah melihat penampakan kepala manusia kerdil yang jatuh dari atas pohon. 

Bukan hanya itu saja, beberapa cerita juga beredar di masyarakat setempat. Konon katanya, ada sekelompok wanita yang memakai jubah kuning yang turun dari atas bukit dan menghampiri sumur. Sumur ini mendapatkan julukan sebagai sumur setan lantaran sering terdengar suara seperti tertawa dan tangisan. 

6. Desa Siluman, Jawa Barat

Desa Siluman, Jawa Barat

Photo :
  • Tangkapan Layar

Salah satu desa paling angker di Indonesia yang populer di kalangan masyarakat adalah Desa Siluman. Desa ini berada di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kawasan yang satu ini juga cukup dikenal sebagai lokasi persembunyian para pejuang kemerdekaan. Kawasan ini mempunyai berbagai cerita mistis yang beredar di masyarakatnya. 

Awalnya, desa ini dipakai sebagai tempat bersembunyi para pejuang ketika penjajah mencarinya. Mereka tidak bisa menemui desa ini dan hanya tampak seperti hutan. Bukan hanya itu, banyak juga pedagang keliling yang mengaku bingung dan tidak bisa menemukan jalan keluar. Untuk kamu yang penasaran, cobalah mengunjungi desa tersebut. 

7. Desa Montong Gading, Nusa Tenggara Barat

Warga berada dekat rumah yang roboh terdampak gempa bumi di Desa Pesanggrahan, Montong Gading, Lombok Timur, NTB, Minggu (17/3/2019). Data BMKG menyatakan Pulau Lombok diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 5,8 Skala Richter (SR) pada Minggu, 17 Maret

Photo :
  • ANTARA FOTO/Handout/BPBD NTB

Desa paling angker di Indonesia lainnya adalah Desa Montong Gading. Desa yang satu ini berada di daerah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa ini dikenal dengan aura mistisnya. Montong Gading dikenal masyarakat banyak lantaran pernah menjadi salah satu lokasi pembunuhan massal di masa lalu. 

Karena itu, kini ada banyak hal-hal mistis yang kerap terjadi dan kerap dirasakan oleh masyarakat setempat. Salah satu cerita yang adalah konon katanya masyarakat setempat melihat penampakan hantu kepala buntung yang sering menampakkan diri dengan menggantung di atas pohon. Hal ini tentu saja sangat menyeramkan. 

8. Desa Puger Wetan, Jawa Timur

Desa Puger Wetan, Jawa Timur

Photo :
  • Tangkapan Layar

Desa paling angker yang terakhir adalah Desa Puger Wetan yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Bukan hanya dikenal sebagai desa paling angker, tapi desa ini juga menjadi tempat yang mana orang-orang sakti mengasah ilmu gaibnya. 

Ada beberapa cerita mistis dan aneh yang beredar tentang desa tersebut/ Desa Puger Wetan ini ada sebuah pulau yang disebut dengan Pulau Nusa Barung. Pulau tersebut juga menjadi salah satu kawasan pusat yang  menjadi sumber kekayaan orang yang mempelajari ilmu gaib. Ketika berkunjung ke Jember, jangan lupa mendatangi desa tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya