Perokok Perlu Tahu, Ada 5 Negara Bebas Rokok Di Dunia

Ilustrasi dilarang merokok.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA TravelNegara bebas Rokok, rokok hingga kini masih menjadi permasalahan dan musuh besar bagi sebagian masyarakat Indonesia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 600.000 orang meninggal setiap tahun akibat paparan asap rokok.

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Untuk melindungi masyarakat dan generasi penerus, negara ini diketahui melarang warganya menjual maupun merokok secara langsung. Viva kali ini memberikan informasi mengenai deretan negara yang hampir dinyatakan bebas rokok di dunia dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Kosta rika

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Ilustrasi perbandingan paru-paru perokok dan non-perokok.

Photo :
  • U-Report

Pada tahun 2012, Kosta rika meloloskan salah satu peraturan merokok paling ketat di dunia. Undang-undang melarang penerangan di taksi, bus, tempa pelatihan, bangunan umum, bar, kasino, dan tempat kerja.

Israel Panggil Duta Besar Negara-Negara yang Mendukung Palestina di PBB

Merokok juga dilarang dari semua bangunan tertutup akses publik, dan tidak ada "area merokok" terpisah yang diperbolehkan. Negara ini telah melihat tingkat kepatuhan yang sangat tinggi sejak larangan itu mulai berlaku

2. Irlandia

Kota Cork, Irlandia

Photo :
  • Pixabay

Irlandia menjadi nama berikutnya dari negara yang mengharamkan rokok. Irlandia menjadi salah satu negara di dunia yang sangat keras dalam melarang rokok.

Tercatat, Irlandia memiliki aturan denda bagi siapapun yang merokok di tempat umum sebesar 300 euro atau sekitar 48 juta. Aturan tersebut telah dimulai pada tahun 2004 dan masih berlanjut.

Health Service Executive atau layanan kesehatan Irlandia menyampaikan 2 opsi untuk membatasi warga negaranya terhadap produk-produk tembakau. Health Service Executive mengusulkan pelarangan total rokok atau meningkatkan pajak penjualan rokok.

HSE dalam hal ini menyampaikan bahwa program larangan rokok tersebut akan dilakukan secara bertahap. HSE mengaku bahwa program ini tercipta berdasarkan kebijakan yang baru saja diterapkan Selandia Baru yang melarang remaja di negara tersebut mengenal rokok.

3. New Zealand

Peta Selandia Baru atau New Zealand

Photo :
  • Sumber BBC

New Zealand meluncurkan sebuah rencana larangan penjualan rokok di negara itu, sebuah upaya selama puluhan tahun yang unik di dunia untuk mencegah kaum muda mulai merokok.

New Zealand pertama kali mengumumkan target ini pada tahun 2011. Sejak itu, harga rokok terus dinaikkan ke salah satu yang tertinggi di dunia.

Satu pak di Selandia Baru berharga sekitar 30 dolar Selandia Baru, atau sedikit di atas $20, kedua setelah negara tetangga Australia, di mana upahnya jauh lebih tinggi.

4. Kolombia

Gunung Berapi Nevado del Ruiz di Kolombia

Photo :

Pada tahun 2009, Kolombia memperluas peraturan anti-merokok untuk memasukkan tempat kerja dalam ruangan dan tempat umum.

Penggunaan istilah seperti “gejala ringan” dan “penyakit ringan” juga dilarang pada iklan dan kemasan, karena hal itu bertolak belakang dengan efek samping yang dihasilkan.

5. Bhutan

Bhutan

Photo :
  • U-Report

Pada tahun 2004, Bhutan menjadi negara pertama di dunia yang melarang penjualan tembakau dan melarang merokok di semua tempat umum.

Pada bulan Juni 2010, negara tersebut menerapkan salah satu undang-undang anti-tembakau yang paling ketat di dunia dengan melarang penjualan atau penyelundupan tembakau ke Bhutan.

Mereka yang dinyatakan bersalah melakukan pelanggaran dapat menjalani hukuman penjara tiga sampai lima tahun tanpa kemungkinan diberikan jaminan.

Nah, itu 5 negera yang hampir bebeas rokok hingga saat ini, alasan mereka melakukan kebijakan tersebut rata-rata mengetahui bertapa bahayanya rokok untuk warga negaranya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya