Sejarah dan 9 Fasilitas Taman Menteng yang Memanjakan Pengunjung

Taman Menteng
Sumber :
  • www.jakarta.go.id

VIVA Lifestyle – Taman Menteng adalah sebuah taman yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini dulunya dikenal sebagai Stadion Menteng.

Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis

Taman ini berdiri di atas lahan seluas 2,9 hektar, dan memiliki koleksi 30 spesies tanaman yang berbeda. Taman Menteng juga memiliki beragam fasilitas pendukung untuk memanjakan pengujungnya. Uniknya, di taman ini terdapat pula 44 sumur resapan untuk membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah.

Taman menteng saat ini menjadi salah satu tempat nongkrong hitz anak-anak Jakarta loh. Nah, kamu penasaran ingin tahu bagaimana sejarah dan fasilitas yang ada di Taman Menteng yang menajakan siapa saja yang mengunjunginya. Simak ulasan VIVA yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

Sejarah Taman Menteng

Patung Obama di Taman Menteng

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro
Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Dulunya, Taman Menteng merupakan tempat berdirinya lapangan sepak bola atau stadion yang bernama Voetbalbond Indische Omstreken Sport yang kemudian berubah nama menjadi Voetbal is Onze Sport (VIOS atau Viosveld).

Lapangan tersebut dibangun pada tahun 1921 yang dirancang oleh seorang arsitek dari Belanda yang bernama F.J. Kubatz dan P.A.J Moojen.

Pada masa kolonialisme, tempat tersebut sering kali dijadikan sebagai tempat melakukan kegiatan olahraga, seperti sepak bola. Akan tetapi, penggunaan ini hanya dapat dilakukan bagi yang mempekerjakannya saja, dan tidak dibuka secara umum bagi masyarakat.

Pada tengah tahun 1960, menjadi markas klub sepakbola Persija. Kemudian, tahun 2004, Gubernur Sutiyoso, mengubah stasion Persija sebagai fasilitas umum yang bisa digunakan banyak orang.

Stadion Persija hanya memiliki kuota 10.000 penonton. Awalnya bangunan stadion itu dibongkar dan dijadikan taman hijau di tengah kota Jakarta. Pembangunan taman selesai dilaksanakan pada tahun 2007 hingga sekarang. Taman Menteng telah diresmikan oleh Pemprov DKI Jakarta sejak tanggal 28 April 2007.

Fasilitas Taman Menteng

1. Jalur Joging

Selain sebagai tempat wisata yang sejuk dan menyenangkan, taman ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk berjogging. Taman Menteng memiliki jalur khusus untuk digunakan oleh masyarakat yang ingin berjogging.

2. Lapangan Futsal

Bermain Futsal di Taman Menteng

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Di Taman Menteng juga tersedia dua lapangan futsal lho, terletak di sebelah utara taman. Dibuka secara umum oleh semua pengunjung. Memiliki dua lapangan karena olahraga futsal saat ini lebih banyak dinikmati. Ketika ingin menggunakan lapangan ini kita harus meminta izin kepada pengelola lapangan.

3. Lapangan Basket

Patung Barack Obama saat kecil di Taman Menteng, Jakarta

Photo :
  • Antara/ Fanny Octavianus

Fasilitas lapangan basket di Taman Menteng bisa dijadikan sebagai tempat berolahraga. Banyak anak muda yang sering kali menggunakan lapangan basket ini.

Bahkan tidak jarang ada pertandingan basket yang diselenggarakan di lapangan ini. Kondisi lapangan yang terjaga dengan baik membuat banyak anak muda gemar berolahraga di sini.

Di bagian sudut lapangan ini juga terdapat alat fitnes yang bisa digunakan secara gratis. Lapangan basket dibuka secara umum pada hari Senin hingga Jumat. Karena pada hari Sabtu dan Minggu digunakan untuk latihan tim bola basket Menteng.

4. Rumah Kaca

Taman Menteng

Photo :
  • www.jakarta.go.id

Pada awalnya, rumah kaca di Taman Menteng ini bertujuan sebagai tempat pembibitan ragam jenis tanaman. Namun akhirnya, rumah kaca ini dialihfungsikan menjadi gedung pameran karya seni atau pameran foto.

Selain sebagai tempat pameran, rumah kaca ini juga sering kali dijadikan sebagai tempat kegiatan teater. Karya-karya yang sering kali ditampilakan di sini merupakan karya seniman Indonesia dan seniman yang berada di sekitar Taman Menteng.

5. Bookhive

Di beberapa area kota Jakarta memang dapat ditemukan sarang buku, atau perpustakaan jalanan, dan paling sering ditemukan di area taman kota Jakarta, salah satunya Taman Menteng.

Kamu yang hobi membaca buku, dapat merasakan pengalaman membaca buku di taman ini sambil menikmati pemandangan alam, dan tempat yang nyaman, karena telah tersedia tempat duduk khusus bagi pembaca.

6. Taman Bermain Anak

Bagi pengunjung yang ingin meluangkan waktu bersama anak juga bisa mengunjungi taman ini. Tersedia taman bermain anak dengan beberapa wahana mainan di dalamnya.

Seperti fasilitas perosotan, ayunan, dan jembatan kayu yang menggunakan tali. Namun tidak perlu khawatir dengan kebersihan taman ini, karena petugas kebersihan secara rutin akan membersihkannya.

7. Air Mancur

Taman Menteng saat malam hari

Photo :
  • indonesia.is

Ada sebuah air mancur yang terdapat ditengah-tengah taman. AIr berbentuk bundaran tersebut memiliki ukuran yang cukup besar.

Selain melihat air mancur, pengunjung juga bisa melihat banyak sekali ikan yang ada di kolam. Pengunjung bisa memberi makan ikan-ikan tersebut.

8. Wifi

WiFi Range Extender.

Photo :
  • Tp-Link

Saat ini Taman Menteng juga telah dilengkapi dengan fasilitas WiFi gratis. Sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengerjakan tugas sambil menikmati kerindangan pohon hijau.

Hal inilah yang menyebabkan banyak pengunjung betah berlama-lama waktu di sini. Namun, fasilitas ini hanya memiliki satu provider saja.

Seringkali jaringan WiFi juga mengalami kendala jaringan. Sehingga jika ingin memanfaatkan fasilitas ini, pengunjung tidak boleh terlalu jauh dari sumber penyedia WiFi.

9. Gedung Parkir

Atap gedung parkir terminal 3 Bandara Soetta terbang diterjang angin kencang.

Photo :
  • VIVA/Sherly

Gedung parkiran Taman Menteng ini didirikan dengan empat lantai. Tujuannya agar menertibkan kendaraan pribadi setiap pengunjung. Hal ini juga bertujuan agar tidak muncul kendaraan di pinggir jalan, sehingga bisa menimbulkan kemacetan.

Meskipun dibangun dengan 4 lantai, namun gedung parkiran ini akan selalu penuh. Terutama di pagi dan sore hari ketika banyak masyarakat yang melakukan kegiatan berolahraga.

Jam Buka dan Harga Masuk Taman Menteng

Taman Menteng dibuka setiap hari untuk pengunjung umum. Dibuka pada jam 05.00 – 22.00 WIB. Untuk lapangan basket sendiri hanya bisa digunakan dari hari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk harga tiket masuk Taman Menteng sendiri gratis untuk semua pengunjung. Pengunjung hanya dikenakan tarif parkir jika membawa kendaraan.

Pengunjung sangat disarankan untuk menyimpan kendaraan pribadinya di area parkiran yang telah disediakan. Meskipun terdapat banyak parkir liar yang ada di sekitar wilayah taman.

Demikan informasi mengenai sejarah dan fasilitas taman menteng yang dapat Viva berikan ke kamu. Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa juga untuk datang melakukan kegiatan menyenangkan di taman yang menjadi salah satu tempat nongkrong ternyaman di Ibu Kota Jakarta.

Mayat terpenggal suku Maya.

Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

Peradaban Maya, yang terkenal karena bukan merupakan satu kerajaan tunggal, tetapi merupakan kumpulan berbagai kerajaan kecil yang memiliki budaya bersama, yaitu ular.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024