Ada Kereta Luncur, Inilah 5 Transportasi Umum yang Unik

Kereta Luncur atau Toboggan
Kereta Luncur atau Toboggan
Sumber :
  • flickr

VIVA Travel Transportasi umum merupakan salah satu cara mengurangi kemacetan di jalanan. Dengan naik transportasi umum membuat banyak manfaat yang didapat. Daya tarik transportasi umum di setiap negara berbeda-beda. Namun, ternyata diberbagai negara memiliki transportasi umum yang unik.

Dengan keunikan yang diberikan, terkadang menjadi daya tarik bagi penduduk lokal maupun wisatawan yang berkunjung. Hal ini tentu berdampak positif dalam mengurangi kepadatan lalu lintas dan menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk lokal. Simak di bawah ini, lima transportasi umum yang unik di seluruh dunia, melansir dari The Discoverer.

1.Cocotaxis

Cocotaxis

Cocotaxis

Photo :
  • flickr

Kota-kota Kuba yang sibuk seperti Havana, Varadero, dan Trinidad telah menemukan cara yang menyenangkan dan lebih efisien untuk mengangkut penduduk lokal dan turis dengan transportasi umum yang unik. Cocotaxis adalah kendaraan seperti roda tiga yang dikemudikan oleh seseorang dan memiliki ruang untuk dua atau tiga pengemudi di belakang. Biasanya, motor kecil dipasang pada taksi untuk menambah kecepatan. Kendaraan ini biasanya berwarna kuning cerah dan bulat, terlihat dari bentuk atapnya. Tarif mulai dari sekitar satu Peso Konvertibel Kuba (CUC), tarifnya memang tergolong lebih murah daripada taksi biasa, jika kamu tidak keberatan naik di udara terbuka. Ketahuilah bahwa peringatan perjalanan telah diposting tentang taksi ini karena masalah keamanan. Seperti biasa, periksa catatan keselamatan perusahaan transportasi umum di negara asing sebelum menggunakannya.

2. Kereta Luncur atau Toboggan

Kereta Luncur atau Toboggan

Kereta Luncur atau Toboggan

Photo :
  • flickr

Madeira membuktikan bahwa toboggan tidak hanya untuk hari bersalju atau atlet Olimpiade. Di rantai pulau kecil subtropis di lepas pantai barat laut Afrika ini, pengendara dapat dengan cepat melakukan perjalanan menuruni bukit dari Monte ke Funchal dengan salah satu kereta luncur yang menyenangkan ini. Moda transportasi umum yang unik ini pertama kali muncul sekitar tahun 1850 di pulau-pulau tersebut karena medan vulkaniknya yang kasar dengan tebing tinggi dan perbukitan yang curam. Saat ini, kereta luncur banyak digunakan oleh wisatawan yang ingin mencoba sesuatu yang baru. Kursi rotan untuk dua orang dipasang ke pelari kayu, kecepatan yang diciptakan hampir 30 mph saat dikemudikan dengan tongkat oleh dua petugas yang mengenakan pakaian tradisional. 

3. Cyclo

Cyclo, transportasi unik di Vietnam

Cyclo, transportasi unik di Vietnam

Photo :
  • flickr

Cyclo memiliki sejarah sejak masa kolonial Prancis di Vietnam dan menjadi populer setelah upaya negara itu gagal pada moda transportasi lain. Seperti taksi dengan roda tiga ini dapat menampung dua penumpang di bagian depan dan pengemudi di belakang. Desain cyclo sangat memungkinkan di jalan-jalan sibuk di Hanoi dan Kota Ho Chi Minh. Sayangnya, moda transportasi umum yang unik dan populer ini sedang dikurangi karena harga taksi reguler turun dan berbagai masalah keamanan cyclo muncul. Pengunjung masih menggunakan cyclo untuk wisata, tetapi masyarakat umum mulai beralih ke mobil biasa. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan cyclo di Vietnam, cocokanlah harga dengan pengayuh cyclo. Kamu biasanya dapat menawar harga turun secara signifikan.

4. Taksi Air

Taksi Air

Taksi Air

Photo :
  • flickr

Ketika sebuah kota dibangun di atas laguna, tidak heran salah satu bentuk transportasi umum yang unik dan paling populer adalah dengan air. Tempat wisata Venesia, Italia, terletak di Laguna Venesia, perairan seluas 310 mil persegi yang terhubung ke Laut Adriatik melalui tiga kanal. Karena jalur air kota yang berliku, taksi air adalah bentuk transportasi yang bagus, terutama bagi wisatawan yang ingin melihat kota secara efisien. Juga dikenal sebagai Vaporetto atau bus air, taksi air adalah cara yang terjangkau untuk berkeliling kota dengan cepat.

Rute utama melintasi Grand Canal, sementara yang lain menyediakan transportasi ke pulau-pulau terluar Venesia yang lebih kecil. Bahkan ada transportasi bus air yang tersedia dari pusat kota Venesia ke Bandara Marco Polo Venesia. Kartu perjalanan untuk transportasi umum Venesia (bus darat dan air) dapat dibeli untuk satu hari atau lebih dari €20. Duduk, rileks, dan rasakan seperti orang Venesia seharian di kanal bersejarah ini.

5. Monorel yang ditangguhkan

Diyakini sebagai kereta api layang listrik tertua dengan gerbong gantung di dunia, Wuppertaler Schwebebahn adalah sistem monorel gantung di kota Wuppertal, Jerman barat. Monorel pertama kali dibuka pada tahun 1901 dan tetap menjadi bahan pokok transportasi umum di daerah tersebut saat ini — memindahkan jutaan orang setiap tahun. Jalur 8,3 mil berjalan sejajar dengan Sungai Wupper sekitar 37 mph dengan layanan ke 20 stasiun.

Selain menikmati pemandangan, wisatawan di daerah tersebut harus mencoba naik Kaiserwagen, kereta merah terkenal yang masih sering bepergian. Kaisar Kaiser Wilhelm II dan Permaisuri Auguste Viktoria pernah mengendarai kereta ini melalui Lembah Wupper. Di dalam pesawat, pengendara akan menemukan pramugari dengan kostum kuno, kursi berlapis kain mewah, tirai berwarna emas, dan dekorasi yang lebih otentik. Selain mengangkut masyarakat setiap hari, monorel ini tetap menjadi landmark sejarah dan budaya yang penting bagi penduduk lokal dan pengunjung.

5. Kereta Gantung Perkotaan

Kereta gantung ditengah perkotaan di La Paz, Bolivia

Kereta gantung ditengah perkotaan di La Paz, Bolivia

Photo :
  • flickr

Kehidupan di ibu kota negara tertinggi di dunia pada ketinggian hampir 11.500 kaki di atas permukaan laut tidak datang tanpa tantangan. Untuk mengatasi masalah transportasi umum di kota pegunungan La Paz, Bolivia, perencana kota membangun Mi Teleférico. Sistem kereta gantung perkotaan yang unik ini melayani wilayah metropolitan La Paz-El Alto. Sistem unik ini memberikan akses yang lebih mudah ke semua ujung kota, yang dulunya membutuhkan jalan kaki yang panjang atau kendaraan yang padat lalu lintas melalui jalan yang berliku dan tanjakan yang tajam.

Tiket kereta gantung tidak mahal (mulai dari hanya $0,43) dan gondola datang setiap 12 detik. Selain kemudahan penggunaannya, pengunjung menyukai pemandangannya. Kereta gantung ini adalah yang tertinggi di dunia dan memiliki pemandangan panorama Pegunungan Andes yang tertutup salju termasuk Gunung Illimani setinggi 21.122 kaki.