Serunya, Arung Jeram dan Tubing di Lembah Singorojo Kendal

Arung jeram di Sungai Bodri Kendal.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA Lifestyle – Lembah Singorojo berada di kawasan bukit kapur bagian selatan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Di selanya mengalir Sungai Bodri yang merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Kabupaten Kendal. Aliran sungainya berhulu di Gunung Ungaran dan berhilir di Laut Jawa.

Minta Tambahan Atlet dan Dayung, Arung Jeram Sumut Target 4 Emas PON 2024

Tipe sungainya berarus deras dan meliuk-liuk menyusuri lembah ngarai sejauh lebih dari 50 kilometer. Di beberapa bagian alirannya berbatu sehingga menghasilkan jeram-jeram sungai yang menantang.

Kelompok anak muda di Kecamatan Singorojo Kendal cukup jeli melihat potensi Sungai Bodri yang berarus deras. Maka mereka pun membentuk kelompok dan bersama aparat desa mengembangkan wisata arung jeram dan tubing di Sungai Bodri.

Wisata Arung Jeram Geopark Jambi Menunggu Penilaian UNESCO

"Awalnya kan kami prihatin ya dengan penambangan batu kali di Sungai Bodri. Maka kemudian kami membentuk kelompok ini untuk mengembangkan wisata desa termasuk arung jeram, goa, dan lain-lain. Dari situ bisa membangkitkan ekonomi warga, termasuk sebagian penambang batu yang ganti profesi di sektor usaha penunjang wisata," kata Irvan Tomi dari kelompok sadar wisata desa setempat.

Arung jeram di Sungai Bodri Kendal.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)
Indonesia Juara Dunia Rafting Junior Putri 2022

Saat ditemui di ajang pameran desa wisata Kendal beberapa waktu lalu, Tomi mengungkapkan, arung jeram di Sungai Bodri termasuk grade ringan hingga sedang. Sangat cocok untuk wisata arung jeram. Rutenya melewati aliran sungai di sela lembah perbukitan kapur, hutan karet, lewat perkampungan, hingga areal persawahan.

"Ada tiga paket yang kita buka. Yaitu full arung jeram, fun rafting, dan tubing. Panjang rutenya berbeda-beda. Khusus yang tubing lokasinya di Sungai Logung, anak Sungai Bodri," jelas Tomi.

Arung jeram dimulai dari Jembatan Pendem Kecamatan Banyuringin dan merapatnya di dekat Jembatan Singorojo. Rute ini ditempuh selama 2,5 hingga 3 jam perjalanan. 

"Jeramnya asyik dan aman, melewati air terjun juga di tepi sungai," ungkap Tomi.

Untuk fun rafting rutenya dari Jembatan Singorojo sampai Dusun Taruman dengan waktu tempuh 30 menit. Sedangkan tubing di Sungai Logung waktu tempuhnya 30 menit.

Arung jeram di Sungai Bodri Kendal.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Paket arung jeram, kata Tomi, biayanya Rp500 ribu per perahu yang bisa diisi empat orang plus satu guide. Kemudian untuk fun rafting Rp450 ribu per perahu yang bisa diisi enam orang dan satu guide. Semuanya plus perlengkapan keamanan. Khusus tubing biaya per orang Rp45 ribu.

"Ada makan dan snack juga untuk arung jeram, yang disajikan di gubuk sawah tepi sungai. Kalau yang fun rafting snack saja, kita hidangkan jajanan tradisional khas Singorojo," jelas Tomi.

Nah, kalau kalian mau mencoba serunya wisata susur sungai di Singorojo Kendal ini, lokasinya bisa dijangkau dari Semarang maupun Kendal. Gampangnya, arahkan kendaraan ke Pasar Boja. Lalu lanjut ke barat menuju Jembatan Singorojo. Tanya saja di situ semua orang tahu kok.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya