Indonesia Juara Dunia Rafting Junior Putri 2022

Tim Indonesia di Kejuaraan Dunia Rafting Junior Putri 2022
Sumber :
  • Dok. PB FAJI

VIVA – Tim rafting Indonesia berhasil menjadi yang terbaik dalam Kejuaraan Dunia Rafting Junior Putri 2022, Rabu malam WIB 1 Juni 2022. Gelar tersebut didapatkan setelah mereka memenangkan nomor Down River Race (DRR) yang dilangsungkan di Sungai Tara, Foca, Bosnia-Herzegovina.

Serunya, Arung Jeram dan Tubing di Lembah Singorojo Kendal

Tim yang dipimpin Selawati Solihin itu beranggotakan Lista Natasya Peniwati, Siti Nurranti, Diana Lapanda, dan Wulanda Putri Febriana. Mereka mencatatkan waktu tempuh 36 menit 36,32 detik.

Tim asuhan Aceng Supendi tersebut unggul enam detik atas Jepang yang ada di urutan kedua. Duel sengit antar kedua negara terjadi sepanjang rute tujuh kilometer nomor DRR.

Menikmati Keseruan Cave Tubing Kalisuci Jogja

Tidak mudah bagi tim Indonesia dalam memenangkan Kejuaraan Dunia Rafting Junior Putri ini. Karena pada nomor Sprint di Sungai Vrbas, Banjaluca, Bosnia-Herzegovina, mereka ada di peringkat terendah.

Sempat ada momen mereka patah semangat karena hasil tersebut. Namun kemudian mereka bangkit dan berhasil menyabet kemenangan pada nomor Head to Head dan Slalom. Secara keseluruhan, Indonesia memimpin perolehan poin.

Keseruan Rafting Pertama Kali, Takut tapi Mengasyikkan

“Tim Junior ini sudah berlatih sangat keras bahkan di sepanjang masa pandemi, kekalahan pada nomor Sprint banyak faktor," kata Aceng.

Tim Indonesia di Kejuaraan Dunia Rafting Junior Putri 2022

Photo :
  • Dok. PB FAJI

"Kelelahan perjalanan yang panjang, adanya 2 anggota baru yang belum berpengalaman turun pada kejuaraan dunia dan hanya berkesempatan mengenal jalur sehari sebelum pertandingan, adalah penyebab utama tim belum menunjukkan kekuatan yang sebenarnya,” imbuhnya.

Diana Lapanda sangat bahagia bisa memberikan kebanggaan kepada masyarakat Indonesia. Ada kelegaan tersendiri yang dia rasakan.

"Rasanya lega, bangga, senang banget dan masih tidak nyangka dapat mewakili Indonesia dan memenangi kejuaraan ini,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya