Wisata Saloka Theme Park Taman Rekreasi Terbesar di Jawa Tengah, Cocok Untuk Berlibur Si Kecil

Wisata Saloka
Sumber :
  • salokapark.com

VIVA Travel – Wisata Saloka Theme Park merupakan taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah yang berlokasi di Tuntang, Kabupaten Semarang. Dengan pemandangan Rawa Pening, pegunungan, sawah yang luas, dan lebih dari 20 wahana permainan ini bisa kamu jelajahi sepuasnya. Bayar sekali, bebas main semua wahana.

Penumpang Kini Bisa BAB di Toilet Bus Tanpa Menunggu Rest Area

Fasilitas yang ada di wisata Saloka sangat lengkap, terdiri dari mushola, restoran, parkir luas, accessible toilet, persewaan skuter listrik, klinik, peminjaman kursi roda, ruang laktasi, loker penitipan barang, dan sebagainya.

Sejarah wisata Saloka

Tiap Hari Beda Rasa, Restoran Ayam Ini Bakal Kasih Kejutan di Hari ke-10

Wisata Saloka

Photo :
  • salokapark.com

Saloka hadir sebagai salah satu destinasi wisata Pesona Indonesia yang berbentuk taman rekreasi tematik keluarga di Jawa Tengah yang mengusung konsep kearifan lokal. Berlokasi di persimpangan antara kota Semarang, Salatiga, Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gamers Harus Tahu! Ini 6 Game Hasilkan Uang yang Legal dan Bisa Dicairkan ke DANA

Dikutip dari website resminya salokapark, wisata Saloka ini berdiri di atas lahan seluas 12 Hektare, memiliki 25 wahana yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada. Tidak hanya wahana permainan, di dalamnya juga terdapat pertunjukan Baru Klintihing.

Selain itu, ada pilihan restoran, café, dan foodtruck yang menawarkan berbagai makanan-minuman yang memanjakan lidah untuk bersantai. Saloka dibangun dengan peralatan modern oleh tenaga ahli berpengalaman dan berlisensi internasional. 

Saloka telah terdaftar sebagai member International Association of Amusement Parks and Attractions (IAAPA). Pada 22 Juni 2019, wisata Saloka telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Nama Saloka terinspirasi dari legenda Rawa Pening, suatu Kawasan yang dekat dengan wilayah Saloka Theme Park berada. Diceritakan pada zaman dahulu hiduplah sepasang suami-istri bernama Ki Hajar Salokantara dan Nyi Endang Sawitri.

Mereka mempunyai seorang anak bernama Baru Klinthing yang berwujud naga dan bisa berbicara seperti layaknya manusia. Baru Klinthing dikenal suka menolong. Berangkat dari cerita tersebut, Saloka berharap mampu menyajikan keceriaan tiada habisnya dengan maskot berbentuk naga yang bernama “LOKA”.

Zona wisata Saloka

Wisata Saloka

Photo :
  • salokapark.com

Zona Pesisir
Cakrawala

Jika kamu ingin melihat pemandangan di sekitar Saloka, kamu bisa naik Cakrawala. Dengan tinggi 33 meter dan 22 gondola, kamu bisa menikmati indahnya Rawa Pening juga barisan sawah dan deretan gunung Jawa Tengah.
Lumbung ilmu Galileo

Disini kamu bermain sambil belajar. Saat kamu masuk di wahana ini, kamu akan disambut dengan Hall of Frame yang berisi 10 ilmuwan ternama dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Sains semakin seru di Lumbung Ilmu Galileo.

Arena jejogedan dan kapal Jenju

Arena Jejogedan dengan latar belakang Kapal Jenju ini menyuguhkan keindahan air mancur menari yang berpadu dengan sinar lampu warna-warni, laser, serta music pada hari weekend dan hari libur.

Café Jenju

Di kafe Jenju kamu dapat menikmati menu donat dan pizza dengan berbagai topping dan kisaran harga yang terjangkau. Kafe bertema pantai dengan interior papan kayu selancar sebagai meja akan membuat kamu berasa di bar-bar dekat pantai.

Zona Saloka Balalantara
Kumbang layang

Wahana ini berjenis air bike dengan tinggi 4 meter. Air bike ini dapat kamu kendarai memutar 360 derajat. Setiap air bike dilengkapi MP3 yang bias terhubung dengan Bluetooth. Panjang lintasan wahana ini sekitar 500 meter. Menaiki Kumbang Layang kamu dapat melihat bentangan zona Pesisir, Balalantar, dan beberapa gunung Jawa Tengah yang menjulang.

Angon Ingon

Dengan luas sebesar 1.240 meter, di wahana ini  kamu dan keluarga bisa mengenal beragam macam burung, unggas, kura-kura, kelinci, dan hewan lainnya, mulai dari burung belibis, jalak bali, burung macaw, merak biru, bebek mandarin hingga ayam golden pheasant. Dijamin bakal bikin hari kamu lebih berwarna!

Safari Bocah

Wahana berbentuk kereta ini akan mengajakmu bersafari di antara taman bunga dan rumah jamur selama 5 menit. Ada 8 kereta di wahana ini, yang dapat diisi oleh 4 orang anak dan 4 orang dewasa. Pas banget buat kamu sekeluarga!

Adu Nyali

Berani adu nyali? Sesuai namanya, wahana ini adalah rumah berhantu dengan kejutan yang seru! Di wahana ini, kamu akan mengikuti cerita bagaimana rumah peri diambil alih oleh Buto Ijo, yang kemudian bekerja sama dengan Peri Jahat untuk menangkap para Peri Baik dan menguasai istana peri di Saloka. 

Zona Kamayayi
Tata-titi

Ditujukan untuk anak-anak berusia 5-10 tahun, Tata-Titi adalah wahana permainan mobil-mobilan di mana terdapat pula tantangan mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya yang berhadiah SIM dari Saloka The Park. 

Polah Bocah

Area bermain ini ditujukan untuk anak-anak 3-6 tahun, namun mereka yang berusia 1-2 tahun tetap boleh main selagi diawasi langsung oleh orang tua. Ada 15 permainan di area ini, mulai dari Area Mandi Bola, Cangkir Berputar, Perosotan, Trampolin hingga Mobil-Mobilan.

Komidi Kuda Laut

Di wahana komidi putar ini terdapat berbagai kuda laut dan mobil yang bisa dinaiki oleh anak-anak berusia maksimal 10 tahun selama 2 menit – diiringi lagu tema Saloka Theme Park! Lebih seru lagi jika naik menjelang gelap, karena wahana akan dihiasi kelap-kelip lampu yang cantik.

Semprat-Semprot

Disini kamu punya misi misi untuk menembakan semprotan ke sensor di setiap patung hewan laut itu. Jika kamu berhasil mengenai sensor itu, maka kamu akan mendapatkan kejutan berupa semprotan air. Jadi, bersiap-siaplah untuk sedikit berbasah-basahan.

Wahana Ararya
Lika-liku

Di wahana ini, kamu akan meluncur dari ketinggian 12 meter dengan jalur berlika-liku dan laju yang super cepat selama 2 menit. Serunya, di wahana ini kamu bisa melihat berbagai wahana lain di sekitarnya sekaligus pemandangan alam.

Paku Bumi

Ingin merasakan jatuh dari ketinggian kemudian ditarik ke atas lagi dengan kecepatan tinggi? Paku Bumi adalah wahana yang cocok buat kamu. Selama 2 menit, kamu akan merasakan sensasi ekstrem nan menegangkan sekaligus menikmati pemandangan indah Saloka Theme Park dari ketinggian maksimal 38 meter.

Bengak Bengok

Di Bengak Bengok, kamu bisa berteriak sepuasnya! Wahana dengan bentuk lingkaran ini akan melaju maju-mundur dan berputar perlahan-lahan di atas rel setengah lingkaran. Semakin lama lajunya akan semakin tinggi mendekati kemiringan 90 derajat.

Rimba Cafe

Cafe ini mengusung tema hutan atau istilah lainnya adalah rimba. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan gunung dan sawah serta nuansa yang sangat asri. Cocok banget buat santai bersama keluarga di sini. Kamu juga bisa mendengarkan celotehan para burung opior Jawa atau biasa disebut menyok, dan burung jalak.

Obat Abit

Wahana ini memberikanmu sensasi duduk berayun dan melayang secara perlahan. Kamu dapat bermain selama 3 menitan. Wahana ini memiliki kapasitas 32 orang yang hanya dapat dinaiki oleh kamu yang memiliki tinggi minimum 120 meter.

Senggal Senggol

Injak Gass, lalu tancapp. Di wahana ini kamu bisa bermain bersama keluarga atau teman-temanmu selama 4 menitan. Wahana ini bisa dimainkan oleh semua usia, tapi kamu harus memiliki tinggi minimun 120 sentimeter. 

Zona Segara prada
Gonjang Ganjing

Siap basah-bahasan? Gonjang Ganjing merupakan wahana yang pas buat kamu sekeluarga. Di dalam kano yang berputar ini kamu akan melewati jeram sepanjang 360 meter dengan pemandangan area industri pertambangan serta melewati sebuah terowongan bernama Terowongan Zulu.

Kedai Daimami

Kedai yang juga turut mengusung tema industri pertambangan di desain bangunan dan interiornya terdiri dari dua lantai dan menawarkan berbagai masakan Jepang, mulai dari beef katsu, chicken katsu, dan ocha.

Tiket masuk, jam operasional, dan alamat

Wisata Saloka

Photo :
  • salokapark.com

Untuk tiket masuknya, pada hari biasa dikenakan Rp120.000. Sementara pada hari libur atau Sabtu dan Minggu dikenakan biaya Rp150.000. Jam operasional buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 WIB untuk hari Senin-Kamis. Khusus hari Jumat, buka mulai 12.00-19.00 WIB. Pada hari Sabtu dan Minggu mulai buka 10.00-19.00 WIB. Lokasinya berada di Jl. Fatmawati No.154, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah.

Demikian ulasan tentang wisata Saloka yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Selalu patuhi aturan yang berlaku ya dan selamat berlibur.

Bea Cukai ekspor perdana produk karton multilapis (core board paper)

Manfaatkan Fasilitas Kawasan Berikat, PT Indonesia Royal Paper Ekspor 750 Ton Core Board Paper

Dengan pelepasan ekspor perdana penerima fasilitas kawasan berikat ini, kami berharap sinergi dengan Bea Cukai akan semakin lebih dekat.

img_title
VIVA.co.id
12 Juni 2024