Tips Berwisata yang Aman dan Nyaman di Masa Sepi

Ilustrasi Wisata
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Meski kasus penularan Covid-19 kian menurun, sebaiknya Anda tetap menghindari kerumunan semaksimal mungkin, terlebih lagi saat melakukan traveling atau perjalanan wisata.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Tujuannya agar kasus penularan Covid-19 tidak meninggi kembali, apalagi belakangan masih muncul varian-varian baru. Tentu saja anjuran menghindari kerumunan tidak hanya berlaku bagi Anda yang berwisata di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Di sisi lain, menghindari kerumunan berarti Anda mesti mendatangi tempat-tempat wisata yang sepi. Kondisi seperti ini menyebabkan masalah baru, yaitu tingginya risiko tindak kejahatan menimpa Anda akibat berada di tempat yang sepi.

Hingga H-1 Pelni Jual Hampir 400 Ribu Tiket Kapal, Ini 5 Pelabuhan Terpadatnya

Oleh karena itu, Anda mesti mengetahui apa saja tips-tips yang perlu diterapkan saat berwisata di tempat yang sepi, agar Anda tetap merasa aman dan nyaman, serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

6 Tips Berwisata yang Aman dan Nyaman di Masa Sepi

ASDP Indonesia Ferry Beberkan Penyebab Macet di Pelabuhan Merak

1. Cari Informasi Lengkap Mengenai Tempat Tujuan 
Tips pertama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan wisata adalah dengan mencari informasi lengkap terkait tempat tujuan. Perhatikan apakah tempat tersebut aman atau tidak.

Informasi-informasi penting terkait tempat wisata yang dituju bisa didapatkan dari internet. Apabila ingin lebih pasti, tanyakan kepada saudara, teman, atau relasi yang sedang berada di sana.

Memastikan suatu tempat aman untuk dikunjungi merupakan hal wajib yang tidak boleh diabaikan. Selain memastikan tidak ada penyakit menular, pastikan juga tempatnya aman dari tindak kejahatan.

2. Ajak Teman atau Saudara
Mengajak teman atau saudara merupakan cara aman saat berkunjung ke tempat wisata yang sepi. Selain aman, mengajak teman juga dapat meminimalisir pengeluaran. Misalnya saja ketika menyewa kamar atau menyewa kendaraan.

Di masa pandemi, syarat utama perjalanan adalah sudah melakukan vaksin. Berdasarkan peraturan tersebut, pastikan teman yang diajak berwisata sudah vaksin dan memenuhi ketentuan diperbolehkan melakukan perjalanan jauh.

Sebelum berangkat, usahakan untuk cek kesehatan terlebih dahulu. Apabila ternyata salah satu dari teman terdeteksi mengalami gangguan kesehatan, jangan dipaksakan untuk berangkat.

3. Pilih Moda Transportasi yang Aman
Memilih moda transportasi perlu teliti dengan mempertimbangkan tingkat keamanannya. Sebaiknya tidak menggunakan jenis moda transportasi yang terkenal sering mengalami kecelakaan.

Bagi yang ingin berwisata dengan pesawat terbang, penerbangan yang bisa dipilih adalah Tiket Garuda Indonesia. Pemesanan tiketnya dapat dilakukan secara online melalui platform terpercaya seperti Airpaz.

Hindari memilih moda transportasi yang terlalu berdesak-desakan karena lebih rawan terjadinya penularan virus.

4. Minta Izin Kepada Pihak Pengelola
Khusus untuk yang sering travelling di tempat-tempat sepi misalnya saja hutan ataupun pegunungan, usahakan meminta izin kepada pihak pengelola.

Tanyakan secara lengkap aturan serta pantangan yang harus dipenuhi. Meskipun Anda tidak percaya dengan berbagai mitos di daerah tersebut, tetap usahakan untuk menghormati aturan yang sudah ditetapkan.

Selain pihak pengelola, rasanya juga perlu meminta izin kepada pemuka agama. Tujuannya agar lebih aman dan mendapat izin dari berbagai pihak bukan hanya salah satunya saja.

5. Bawa Perbekalan Seperlunya
Tidak perlu terlalu banyak, bawa perbekalan seperlunya saja. Perlengkapan yang wajib dibawa berupa pakaian ganti, makanan, peralatan pribadi, dan obat-obatan. Sesuaikan saja dengan keperluan menyesuaikan kebutuhan masing-masing orang.

Bagi yang sensitif dengan udara dingin, usahakan untuk membawa pakaian panjang dan jaket. Usahakan tubuh tetap dalam keadaan hangat supaya terhindar dari hipotermia yang sangat bahaya bagi kesehatan.

Beralih ke produk konsumsi, barang yang dianjurkan untuk dibawa berupa mie, roti, oats, dan bahan makanan tidak mudah membusuk lainnya. Jangan lupa juga untuk membawa air mineral dalam botol sedang ataupun kecil dan pastikan botolnya tertutup rapat.

6. Beritahu Tujuan Bepergian Kepada Keluarga
Jangan asal berangkat, usahakan untuk memberitahu keluarga ke mana Anda akan berwisata. Tujuannya agar ketika ada masalah, pihak keluarga bisa mengetahuinya dan sesegera mungkin mencari solusi terbaik.

Itulah tadi beberapa tips penting berwisata aman dan nyaman di masa sepi. Jika Anda ingin bepergian menggunakan pesawat terbang, beli saja tiketnya di airpaz.com. Di dalamnya ada banyak pilihan pesawat dengan jadwal keberangkatan sesuai kebutuhan. Manfaatkan promo-promo yang ditawarkan agar pengeluaran lebih hemat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya