Begini Strategi Kemenparekraf Capai Target Sport Tourism Tahun 2024

Charity Fun Run 2023, Event Lari sambil Donasi dan Perkuat Sport Tourism
Sumber :
  • istimewa

Tangerang – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya mewujudkan proyeksi sport tourism atau wisata olahraga sebesar Rp18,7 triliun pada tahun 2024. Salah satu caranya yaitu mempermudah regulasi perizinan penyelenggaraan acara di Indonesia dengan melakukan digitalisasi layanan.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

“Kita dari pemerintah sebagai regulator, fasilitator, yang pertama kami pastikan dulu perizinan tidak mumet, tidak pusing, dan tidak ruwet. Itu penting sekali,” kata Vinsensius Jemadu selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat pers konference di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 2 Februari 2024.

Vinsensius Jemadu

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan
Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Selain menyederhanakan regulasi dan perizinan penyelenggaraan acara di Indonesia melalui digitalisasi layanan, pemerintah juga mendorong para stakeholder untuk berkolaborasi dalam meningkatkan sport tourism ini. Sebab, kata Vinsensius, jika digarap sendiri akan sulit.

“Kedua kami juga mendorong supaya stakeholder bergandengan tangan. Karena kalau sendiri-sendiri tidak akan bisa,” ujarnya.

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Kemenparekraf Tancap Gas Kembangkan Potensi

Vinsensius Jemadu

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

Selain lari, kata Vinsensius, olahraga air juga merupakan salah satu sport tourism yang dapat mengundang massa, baik dari dalam maupun luar negeri. Oleh sebab itu, Vinsen melihat olahraga air ini sebagai salah satu potensi sport tourism Indonesia yang harus digalakkan pengembangannya.

Saat ini, pemerintah sedang dalam proses negosiasi dengan pihak luar untuk menjadikan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, sebagai tuan rumah kompetisi aquabike, yang sebelumnya berlangsung di Danau Toba, Sumatera Utara, Aquabike World Jetski Championship 2023.

“Ini baru dinegosiasikan. Kalau bisa (diselenggarakan) pada 2025, karena kita harus siapkan infrastruktur juga, seperti di Danau Toba itu,” ujar Vinsen, dikutip dari Antara.

Vinsen menyatakan bahwa kegiatan sport tourism di Labuan Bajo seringkali didominasi oleh olahraga lari. Harapannya, dengan adanya aquabike, pemerintah dapat menggali potensi sport tourism di Labuan Bajo. 

Selain itu, ia juga membahas mengenai kontrak F1 Powerboat Danau Toba yang direncanakan akan berlangsung selama lima tahun, yakni dari 2023 hingga 2027.

Melalui promosi pengembangan olahraga air, Vinsen berambisi agar Indonesia dapat mencapai target sport tourism senilai Rp18,7 triliun pada tahun 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya