Pertunjukan Teater Bawah Air Varuna di Bali Safari Park: Perpaduan Budaya dan Hiburan

Varuna
Sumber :
  • ist

BALI – Taman Safari Bali mengolah kearifan lokal dengan pertunjukan teater bawah air bertajuk Varuna yang memadukan seni budaya Pulau Dewata dan Nusantara.

Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists

"Kami sangat menghargai dan menghormati kearifan lokal. Bali Safari Park berbeda dengan lainnya, masing-masing memiliki nilai-nilai lokal yang kita anut, dipadukan dengan gaya internasional,” kata Alexander Zulkarnain, Direktur Media Event dan Digital Taman Safari Indonesia, di Gianyar, Bali, dilansir dari Antara.

Varuna Underwater Theatrical Dining

Photo :
  • Taman Safari Bali
Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

Pertunjukan teater bawah air ini diangkat dari cerita rakyat Indonesia yang dikisahkan oleh seorang anak laki-laki yang ayahnya adalah seorang nelayan dan ibunya adalah seorang putri duyung dari kerajaan bawah laut. 

Seorang anak laki-laki bernama Varuna kemudian tinggal terpisah dari ibunya dan berusaha mencari tahu keberadaan ibunya. 

Arus Balik Lebaran, 234 Ribu Orang Diprediksi Tinggalkan Bali Melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai

Setelah berpetualang menaklukkan makhluk mitologi menakutkan di bawah air, dia bisa bertemu ibunya dan bersatu kembali dengan keluarganya.

Dikemas dalam waktu sekitar 30 menit, teater ini menyuguhkan teater potongan kertas dan boneka dengan latar belakang warna-warni serta dekorasi khas kehidupan bawah laut.

Tak hanya itu, panggungnya berukuran 122 meter persegi, dengan pencahayaan sejuk dan akuarium yang menahan volumenya sekitar 1.300 meter yang menjadi daya tarik penonton.

Bahkan artis seniman yang berperan sebagai putri duyung juga merupakan penyelam terlatih yang mampu menahan napas di dalam air selama sekitar tiga menit di setiap adegan, terhubung dengan beberapa ikan didalam aquarium yang memiliki kedalaman 10 meter.

Pertunjukan teater tersebut dibawakan oleh 36 seniman lokal dan disutradarai oleh konsultan teater ternama Peter Wilson.

Alexander mengatakan bahwa pertunjukan teater bawah air tersebut merupakan yang pertama di Tanah Air dan harus menjadi atraksi wisata baru di Bali.

Varuna

Photo :
  • IG @varunabali

"Inilah karya anak Indonesia di Bali yang mewakili Indonesia sebagai destinasi wisata dunia. Kami berharap dapat menambah nilai pariwisata Bali yang menargetkan tujuh juta wisatawan mancanegara pada tahun ini," ujarnya. kata. kata. kata.

Teater Varuna dibuka setiap hari Rabu hingga Minggu diawali dengan hiburan musik dan sajian kuliner untuk dinikmati masyarakat dengan harga tiket bersaing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya