Pegunungan di China Zhangye Danxia Warna-warni, Benarkah Tercantum Dalam Al-quran?

Pegunungan di China Zhangye Danxia
Sumber :
  • Forbes

CHINA – Viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah gunung di China tampak berwarna-warni seperti pelangi. Gunung tersebut yakni Zhangye Danxia.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Kemudian warganet menyinggung surah Fathir dalam Al-quran, di mana itu bukti nyata bahwa apa yang ada di bumi sudah tercantum dalam Al-quran. Seperti apa gunung tersebut, dan apa makna dari surah Fathir? Simak ulasannya berikut ini.

Pegunungan pelangi

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Pegunungan di China Zhangye Danxia

Photo :
  • Pixabay

Dikutip dari Chinahighlights, Taman Geologi Nasional Zhangye Danxia berada di kaki timur Pegunungan Qilian di Provinsi Gansu, Tiongkok. Taman geologi ini memiliki bentang alam Danxia (/dan-sshyaa/ 'awan merah') spektakuler yang luasnya sekitar 50 kilometer persegi (19 mil persegi). Bentang alam Danxia adalah mahakarya alam. Punggung gunung yang berwarna-warni bagaikan palet terbalik dari surga.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Lanskap Danxia di Zhangye memiliki banyak tebing merah terjal, sebagian besar tingginya beberapa ratus meter, dan punggung bukit berwarna-warni dari lapisan lapuk, terkadang membentang hingga cakrawala. 

Formasi ini, terkadang halus terkadang tajam, menonjol di antara hijau atau abu-abu dataran, tampak megah, kuat dan gagah.

Di seberang zona lanskap Danxia, sebuah kaleidoskop dari banyak singkapan batu merah menyerupai bentuk aneh dan indah seperti kastil, kerucut, menara; serta manusia, makhluk, burung dan binatang. Puncaknya mengintip melalui kabut dan awan, menghasilkan pemandangan pegunungan dan paviliun yang fantastis seperti fatamorgana.

Mengapa Lanskap Zhangye Danxia Memiliki Lapisan Berwarna-warni

Pegunungan di China Zhangye Danxia

Photo :
  • Pixabay

Sekitar 540 juta tahun yang lalu, kawasan tersebut pernah menjadi bagian dari lautan. Akibat tumbukan lempeng tektonik, daratan terlipat membentuk pegunungan, dan terangkat ke atas permukaan laut.

Batupasir merah diendapkan ketika sungai terbentuk di daerah tersebut. Ketika tanah tenggelam ke dalam cekungan, batulumpur diendapkan di atas batupasir merah. 

Selama periode yang berbeda, terbentuklah batuan sedimen yang bervariasi yang mengandung jumlah garam besi yang berbeda-beda dalam lumpur dan batu. Inilah sebabnya mengapa lapisan-lapisan tersebut mempunyai warna yang berbeda-beda.

Karena adanya perubahan lingkungan sedimen, maka lapisan sedimen yang terbentuk memiliki warna yang berbeda-beda yaitu merah, merah keunguan, hijau kekuningan, hijau keabu-abuan, dan abu-abu. Setiap lapisan membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terbentuk.

Pergerakan pegunungan Himalaya mengangkat daerah tersebut lebih tinggi dan terbentuklah sungai. Erosi sungai membentuk ngarai, dan lanskap awal Danxia pun tercipta. Setelah periode geologi selanjutnya, erosi sungai dan erosi angin membentuk lapisan warna-warni yang kita lihat sekarang.

Inilah puncak yang menarik pengunjung dari seluruh dunia. Lapisan warna-warni inilah yang menyebabkan kawasan bentang alam Zhangye Danxia dikenal sebagai "Pegunungan Pelangi".

Bukti Al-quran

Pegunungan berwarna pelangi itu kemudian dikaitkan dengan salah satu surah yang tercantum dalam Al-quran. Surah tersebut adalah surah Fathir ayat 27 yang memiliki arti, “Tidakkah engkau melihat bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, lalu dengan (air) itu Kami mengeluarkan hasil tanaman yang beraneka macam warnanya. Di antara gunung-gunung itu ada bergaris-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya