Mau Coba Sensasi Jadi Pilot Sekaligus Menerbangkan Pesawat? Yuk, Jajal di Sini!

Youtuber pilot, Captain Edward Limbong dan Alshad Ahmad.
Sumber :
  • Instagram @airspeedindonesia.

JAKARTA – Tak sedikit dari kita ketika naik pesawat, ingin jalan-jalan ke kokpit bahkan duduk di sebelah pilot sambil memerhatikan sang captain menerbangkan pesawat. Tapi, tentu saja itu hal yang sangat mustahil. 

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Tapi jangan salah, jika kamu masih memiliki impian tersebut bahkan ingin menjajal menerbangkan pesawat meski kamu orang awam, cita-citamu kini bisa terwujud. Bagaimana caranya? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut

Ya, adalah Airspeed Indonesia, sebuah tempat atau wahana yang bisa mewujudkan keinginanmu. Ini merupakan sebuah tempat simulator pesawat terbang yang didesain menggunakan pesawat asli. Pilot sekaligus pengelola Airspeed Indonesia, Garry Marwin Tobing, menjelaskan, tempat simulator ini menggunakan pesawat Boeing 737 NG.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

“Jadi ini adalah sophisticated asli. Ini semua bener-bener kita bangun sendiri. Ini part-partnya dari pesawat terbang. Hanya saja, memang ada beberapa part yang tidak bisa kita ambil dari pesawat terbang, karena tidak kompatibel dengan software. Tapi 90 persen barang di sini asli dari pesawat terbang,” ujar Garry ditemui saat kunjungan VIVA ke Airspeed Indonesia sekaligus menjajalnya di Permata Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini. 

Simulator pesawat Boeing 737 NG.

Photo :
  • VIVA/Sumiyati.
DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Garry berani menyebut simulatornya real karena layar depannya menggunakan infocus dengan curve in 210 derajat. 

“Ini di depannya moncong pesawat Sriwijaya, kita ambil kita taro di sini. Ini semua setir-setirnya original dan kita juga bisa menyesuaikan dengan keadaan cuaca. Kalo hari ini di Soekarno-Hatta lagi ujan, kita bisa set di sini sama dengan keadaan di Soekarno-Hatta hari ini. Real time,” bebernya.

Lebih lanjut Garry menceritakan, pemilik tempat ini tidak lain adalah ayahnya sendiri yang merupakan Youtuber Pilot, Captain Edward Limbong. Dia dan sang ayah bercita-cita ingin mewujudkan keinginan semua orang yang ingin menjajal mengendarai pesawat. Bahkan, Airspeed Indonesia menjadi satu-satunya simulator pesawat di Jakarta.

“Kalau di tempat lain certified dan itu tidak sembarang orang yang bisa mencoba, karena mereka mengeluarkan sertifikasi untuk either mau menjadi seorang pilot atau akan menjadi pilot. Kalo ini gak, ini wahana. Siapa pun bisa mencoba, keluarga, anak-anak kecil. Jadi kita akan ajarkan sensasinya menjadi seorang penerbang atau pilot,” jelasnya.

“Karena pressure-pressure-nya, beratnya, semuanya sama dengan pesawat asli. Jadi kekuatan tangannya semuanya akan diuji di sini. Di sini lah orang akan bisa belajar. Cukuplah untuk orang yang mau main. Suaranya pada saat dia take off real,” sambung Garry. 

Menjajal simulator pesawat Boeing 737 NG.

Photo :
  • VIVA/Sumiyati.

Lalu, bagaimana dengan antusiasme masyarakat dengan kehadiran simulator pesawat ini?

“Antusiasmenya sangat bagus. Masyarakat terutama anak-anak kecil seneng banget main pesawat terbang. Kita bahkan menyediakan seragam-seragam pilot. 

Bahkan menurut Garry, semua instruktur yang ada di Airspeed Indonesia adalah pilot dan yang diperbolehkan mengajar di sana juga harus pilot. Di situ, Garry berpikir agar edukasi yang diterima benar-benar dari seorang pilot asli. 

Siapa saja yang bisa datang ke sini?

“Yang datang ke sini kebanyakan dari SD sampe remaja SMP, SMA. Tapi selain masyarakat umum, pilot-pilot yang sudah terbang dan mereka mau memperpanjang sertifikasinya mereka, sebelum perpanjang kan mereka harus latihan dulu, akhirnya ini menjadi tempat latihan mereka,” pungkas Garry.

Nah, buat kamu yang ingin menjajal sensasi menerbangkan pesawat, bisa melakukan reservasi dengan mengunjungi Instagram mereka di @airspeedindonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya