8 Negara Bagian Paling Religius di AS

Ilustrasi Ibadah Natal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Amerika Serikat, negara yang terkenal dengan keberagaman budaya dan agamanya, menyimpan beragam keyakinan agama di seluruh negara bagian.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Di tengah keragaman ini, beberapa negara bagian menonjol dengan tingkat keagamaan yang tinggi, mencerminkan pentingnya spiritualitas dalam kehidupan sehari-hari penduduknya. Dikutip dari Insider Monkey, berikut adalah delapan negara bagian di AS yang dikenal karena sentuhan spiritual yang kuat:

8. Georgia

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Di Georgia, 18% dari populasi tidak mengikuti atau menganut agama atau agama apa pun, sementara 3% mengikuti agama berbasis non-Kristen lainnya. Denominasi Kristen terbesar di Georgia adalah Protestan, terhitung 67% dari populasi.

7. Virginia Barat

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Virginia Barat berada di posisi ketujuh dalam daftar negara bagian paling religius di AS. Hampir 46% orang di seluruh negara bagian menghadiri kebaktian setidaknya setiap minggu, dan 68% berdoa setiap hari. Demikian juga, 64% menyatakan bahwa agama sangat penting dalam kehidupan mereka, sementara 77% percaya kepada Tuhan dengan kepastian mutlak. Negara bagian ini didominasi Protestan, dengan hampir 70% mengikuti denominasi ini.

6. Carolina Selatan

Ilustrasi Gereja Katolik.

Photo :
  • AP Photo/Armando Franca.

Di Carolina Selatan, 74% dari populasi orang dewasa mengungkapkan kepastian mutlak dalam kepercayaan mereka kepada Tuhan. Sementara itu, 18% dari populasi tidak mengikuti keyakinan atau agama apa pun.

5. Arkansas

Arkansas secara historis telah dilihat sebagai salah satu negara bagian yang paling seragam, dengan imigrasi tetap terbatas sejak Perang Saudara. Hal ini telah menyebabkan lanskap agama yang homogen, di mana mayoritas orang Arkansas mengikuti berbagai ekspresi tradisi iman Protestan evangelis atau arus utama.

Sekitar 65% orang dewasa di negara bagian melaporkan berdoa setiap hari. Denominasi Kristen terbesar di negara bagian ini adalah Protestan, terhitung 70% dari populasi. Selain itu, 8% dari populasi tidak mengikuti agama apa pun, sementara 3% menganut agama non-Christian-based lainnya.

4. Louisiana

Di Louisiana, 71% orang dewasa berpikir bahwa agama sangat penting dalam hidup mereka. Sekitar 13% dari populasi tidak mengikuti agama apa pun, sementara 2% menganut agama berbasis non-Kristen lainnya.

3. Tennessee

Tennessee berada di posisi ketiga dalam daftar negara bagian paling religius di AS. Negara menjadi tuan rumah berbagai kelompok agama, dari denominasi Kristen yang mapan hingga gereja-gereja independen. Di samping organisasi yang lebih besar, banyak gereja yang lebih kecil melayani komunitas lokal, menawarkan bimbingan dan dukungan spiritual kepada anggota mereka. 

Gereja-gereja lingkungan ini adalah bagian penting dari komunitas mereka, memberikan rasa memiliki dan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Kekristenan adalah agama utama di seluruh negara bagian, dengan denominasi terbesar adalah Protestan sebesar 73%, diikuti oleh Katolik Roma sebesar 6%.

2. Mississippi

Ilustrasi misa di gereja Katedral.

Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

Agama telah menjadi penting dalam membentuk sejarah Mississippi, memainkan peran penting dalam berbagai masalah utama. Denominasi Kristen terbesar di Mississippi adalah Protestan, terhitung 77% dari populasi. Keyakinan non-Kristen membentuk 2%, sementara 14% tidak terafiliasi, yang mencakup individu yang diidentifikasi sebagai agnostik, ateis, atau “tidak ada yang khusus.”

1. Alabama

Alabama memiliki akar agama yang dalam, dengan banyak gereja dari berbagai denominasi yang tersebar di seluruh negara bagian. Gereja-gereja ini berkisar dari jemaat pedesaan kecil hingga majelis kota besar, yang mencerminkan spektrum agama dan kepercayaan yang luas. 

Di Alabama, 77% penduduk menyatakan bahwa agama sangat penting dalam kehidupan mereka, dan 82% mengungkapkan kepastian mutlak dalam kepercayaan mereka kepada Tuhan. 

Denominasi Kristen terbesar adalah Protestan, terdiri dari 78% populasi. Selain itu, 12% dari populasi tidak mengikuti keyakinan atau agama apa pun, sementara 1% menganut agama berbasis non-Kristen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya