Misteri Pilar Batu di Danau Crowley

Pilar batu di danau Crowley
Sumber :
  • sierraadventurecenter.com

VIVA.co.id - Setelah waduk danau California Crowley selesai dibangun pada tahun 1941, terdapat formasi pilar batu unik yang terlihat di sepanjang sisi timur waduk.

Dikutip dari Amusing Planet, Rabu, 16 Desember 2015, batu-batu ini terlihat cukup tinggi dari luar, sekitar 20 kaki dan bagian atasnya membentuk seperti kuil kuno dengan bentuk runcing.

Selama jutaan tahun, pilar tersebut tertutup oleh batuan lunak dan tersembunyi. Namun setelah waduk dibangun, tekanan gelombang yang sangat kuat mengikis batuan tersebut.

Pada tahun ini, ahli geologi di University of California, Berkeley, memutuskan untuk melakukan studi lanjutan mengenai pilar-pilar batu tersebut.

Mereka menggunakan metode dan peralatan berbeda, termasuk analisis X-ray dan mikroskop elektronik. Ahli geologi menentukan bahwa tiang tersebut tercipta oleh air dingin dari salju yang mencair merembes ke dalam abu vulkanik panas yang dimuntahkan oleh ledakan dahsyat 760.000 tahun lalu.

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa itu seperti air direbus, dan menciptakan ruang yang merata, mirip dengan memanaskan pipa. Pipa konveksi tersebut secara harafiah terikat oleh mineral yang mampu menahan kekuatan korosif gelombang.

Jumlah pilar tersebut diperkirakan hampir mencapai 5.000 pilar, yang muncul secara berkelompok dan bervariasi dalam bentuk, ukuran dan warna di area seluas 4.000 hektare (ha). Beberapa pilar berdiri tegak, dan sebagian lagi tidak.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

(ren)

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Tempat berlibur petualang tentu berbeda dengan yang suka santai

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016