Sejarah Bodie, Kota Tak Berpenghuni di Amerika Serikat

Bodie, kota tak berpenghuni di Sierra Nevada bagian timur, California Amerika Serikat.
Sumber :
  • Amusing Planet

VIVA.co.id - Sunyi, lengang, namun indah. Mungkin begitulah yang akan Anda rasakan ketika mengunjungi Bodie. Kota tak berpenghuni ini berlokasi di Sierra Nevada bagian timur, California. Kawasan ini telah djadikan sebagai kawan bersejarah yang dilindungi oleh pemerintah Amerika Serikat.

Dikutip dari Amusing Planet, Bodie ditemukan oleh W.S. Bodey dan dijadikan sebagai tempat tinggal bagi para penambang emas. Namun sayang, sejak ‘kematian’ Bodie akibat badai salju, perkembangan kota tersebut tidak lagi terdengar.

Mengenai penulisan nama Bodie masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan karena kesalahan si penulis dan ada yang menganggap terdapat unsur kesengajaan.

Pada 17 tahun pertama, pertumbuhan kota ini sangat lambat dan hanya dihuni oleh 20 penambang. Ketika ditemukan tambang emas baru, kota yang semula sepi mendadak menjadi terkenal dan ramai dihuni oleh keluarga penambang dan pebisnis untuk mencari peruntungan.

Populasi di kota Bodie mencapai 10 ribu orang dengan 2.000 bangunan mulai bermunculan, seperti bank, perusahaan gereja, jalur kereta, pabrik, dan beberapa surat kabar harian pada 1879.

Bahkan, dilaporkan ada sekitar 65 bar di sepanjang jalan utama. Seiring perkembangannya, Bodie dikenal sebagai kota yang penuh kekerasan dan pelanggaran hukum.

Pada 1882, pudarnya masa keemasan Bodie ditandai dengan kebangkrutan perusahaan dan tambang. Mereka mulai meninggalkan kota ini untuk mencari kehidupan yang lebih baik, sehingga pada 1932, penghuninya hanya tersisa kurang dari 1.000 orang.

Kota ini semakin mengalami kemunduran akibat kebakaran hebat yang hampir melahap 90 persen bangunan yang ada dan membuat penduduk memilih untuk mengungsi dari kota tersebut. Beberapa aktivitas penambangan masih berlanjut sebelum kota ini akhirnya resmi ditutup pada 1942.

Saat ini, Bodie masih dipelihara dengan sangat baik. Beberapa bangunan yang bertahan setelah peristiwa kebakaran masih kokoh berdiri dan keadaannya masih asli seperti terakhir kali ditinggal oleh penghuninya, 50 tahun lalu.

Pada 1961, Bodie dijadikan sebagai National Historic Landmark, sebelum akhirnya menjadi Bodie State Historic Park pada 1962. (ms)

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Mengenal Kota Islam di Amerika Serikat

Tepatnya di Kota Dearborn, didominasi warga Arab-Amerika.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2015