10 Masjid Terindah di Dunia

Malam Lailatul Qadar di Masjidil Haram.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Masjid merupakan tempat suci bagi umat Islam untuk beribadah dan memanjatkan doa-doa. Di beberapa negara, arsitektur masjid dibangun dengan ciri khas negara atau daerah lokasi pembangunan, sehingga memperkaya keindahan masjid tersebut.

Menteri Budi Karya Ingatkan Masjid Tak Sebarkan Hoaks

Ada begitu banyak masjid yang indah didirikan di berbagi negara. Semua ini terlihat menakjubkan, baik dari desain interior maupun eksterior dengan bernafaskan Islami yang kuat. Berikut ini 10 masjid paling indah di seluruh dunia menurut Wonderlist.

Masjid Al Haram

4 Masjid Tercantik di Dunia, Pasti Kamu Terpana

Dalam Al-Qur'an, masjid ini merupakan rumah pertama yang dibangun untuk manusia dalam menyembah Allah. Masjid ini paling terkenal di dunia dan biasa disebut masjid Al Haram atau Masjid Agung yang terletak di kota Mekah, Arab Saudi.

Ini adalah masjid terbesar di dunia yang mengelilingi Ka'bah. Luas bangunan masjid tersebut 400.800 meter persegi dan dapat menampung hingga 4 juta orang selama periode ibadah haji.

Polisi Ganteng Ajak Penggemarnya Hibur Anak Pejuang Kanker

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah sebuah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad di kota Madinah, Arab Saudi. Ini adalah masjid paling suci kedua dalam Islam setelah Al-Haram.

Salah satu tempat yang paling penting dari masjid ini adalah Green Dome (pusat masjid), di mana terdapat makam Nabi Muhammad SAW.  Pada 1279 setelah masehi, sebuah kubah kayu dibangun di atas makam yang kemudian dibangun kembali dan direnovasi beberapa kali di akhir abad ke-15 dan di tahun 1817. Kubah pertama kali dicat hijau pada tahun 1837, dan kemudian dikenal sebagai Green Dome.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2014/10/16/273932_masjid-nabawi-di-madinah_663_382.jpg

Masjid Al Aqsa

Masjid Al-Aqsa adalah tempat suci ketiga dalam Islam yang terletak di kota tua Yerusalem, Palestina. Masjidil Aqsa memang bukan satu-satunya masjid di kompleks ini.

Panjang bangunan masjid ini sekitar 83 meter dengan lebar lebar 56 meter. Sekitar 5.000 orang mampu ditampung masjid ini. Jika ditambah dengan daerah sekeliling, luasnya sekitar 144 ribu meter persegi dan dapat menampung 400 ribu jamaah.

Masjid Hassan II

Masjid Hassan II terletak di Casablanca, Maroko. Ini adalah masjid terbesar di negara Maroko dan terbesar ke-7 di dunia. Masjid ini memiliki menara tertinggi di dunia sekitar 210 meter.

Menara tersebut dihiasi laser yang diarahkan langsung ke Mekah. Masjid ini berdiri di sebuah tanjung menghadap Samudra Atlantik. Masjid ini dapat menampung 105 ribu jamaah.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid dari kerajaan Islam yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Kesultanan Brunei. Masjid ini dianggap salah satu masjid paling indah di Asia Pasifik dan Asia Tenggara.

Masjid ini selesai pada tahun 1958 dan merupakan contoh arsitektur Islam modern. Masjid dibangun di sebuah laguna buatan di tepi Sungai Brunei di Kampong Ayer.

Masjid tersebut memiliki menara marmer, kubah emas, halaman dan taman yang rimbun dihiasi air mancur. Masjid dikelilingi oleh sejumlah pohon dan bunga yang menyatukan arsitektur gaya Mughal dan Italia.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/06/07/57568ee4f0d27-masjid-sultan-omar-ali-saifuddin-di-brunei_663_382.jpg

Masjid Zahir

Masjid Zahir terletak di jantung Alor Star, ibu kota negara bagian Kedah, Malaysia. Ini adalah salah satu masjid termegah dan tertua di Malaysia yang dibangun pada tahun 1912 atas pendanaan Tunku Mahmud, putra Sultan Tajuddin Mukarram Shah.

Arsitektur dari masjid ini terinspirasi oleh Masjid Azizi di Kota Langkat di Sumatera utara, Indonesia. Masjid ini didirikan dengan lima kubah besar yang melambangkan lima prinsip utama Islam.

Masjid Faisal
 
Masjid Faisal di Islamabad merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan Asia Selatan serta masjid terbesar keempat di dunia. Kemegahan bangunan masjid di Pakistan tersebut dihiasi oleh pilar-pilar beton raksasa dan menara-menara yang menjulang tinggi.

Pada bagian luar masjid, terdapat empat buah tiang raksasa setinggi 90 meter yang mengapit seluruh bangunan masjid. Keempat tiang raksasa ini juga berfungsi sebagai menara masjid.

Masjid Taj ul

Masjid Taj ul secara harfiah berarti The Crown Masjid yang terletak di Bhopal, India. Masjid ini juga digunakan sebagai sekolah Islam selama siang hari. Ini adalah salah satu masjid terbesar di Asia.

Masjid ini memiliki fasad merah muda di atasnya dan memiliki tiga kubah bulat besar, sebuah lorong utama mengesankan dengan pilar-pilar yang menarik dan lantai marmer yang menyerupai arsitektur Mughal.

Pada halamannya terdapat tangki besar di bagian tengahnya serta ada pula gerbang ganda bertingkat dengan empat lengkungan tersembunyi dan sembilan cusped bukaan berlipat ganda di ruang doa utama.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/06/07/57568f1c409ef-masjid-taj-ul-di-india_663_382.jpg

Masjid Badshahi

Masjid Badshahi merupakan masjid terbesar kedua di Pakistan dan Asia Selatan dan masjid terbesar kelima di dunia. Masjid ini mencerminkan keindahan, semangat dan keagungan era Mughal sebagai landmark wisata paling terkenal di Lahore. Masjid ini mampu menampung 55 ribu jamaah di ruang doa utama dan 95 ribu orang di halaman.

Masjid Sultan

Masjid Sultan, terletak di Muscat Street dan North Bridge Road di Kampong Glam Rochor District di Singapura. Masjid ini masih dianggap sebagai salah satu masjid paling penting di Singapura.

Masjid ini terdiri dari dua bangunan besar yang dapat menampung sekitar 5.000 jamaah. Terdapat ornamen botol kaca hijau yang disusun terbalik persis di bawah kubah masjid, sehingga pada bagian belakang dari botol hijau tersebut tampak membentuk layaknya susunan glass block.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya