Wisata Muslim, Mengunjungi Lima Masjid di Hong Kong

Masjid Kowloon di Hong Kong
Sumber :
  • Hong Kong Tourism Board (HKTB)

VIVA.co.id – Bulan Ramadan telah tiba. Traveler Muslim tidak perlu khawatir apabila mengunjungi Hong Kong saat bulan Ramadan, karena ada beberapa masjid yang tersedia di sana. Tidak sulit juga menemukan restoran halal untuk sahur dan berbuka puasa di Hong Kong.

Demo Hong Kong, 10 Negara Keluarkan Travel Warning Termasuk Indonesia

Hong Kong memang terkenal dengan ragam budayanya. Tak heran orang menyebutnya ‘Timur bertemu dengan Barat’ (East meets West).

Keberadaan masjid, Pusat Islam, dan restoran halal menjadikan Hong Kong berada dalam daftar lima besar Non Organization of Islamic Cooperation Countries dan 35 besar dari 110 negara yang disurvei oleh Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016, yang diadakan oleh MasterCard dan CrescentRating.

3 Restoran Unik di Hong Kong Ini Artsy Banget!

Kriteria survei ini termasuk fasilitas dan layanan ramah Muslim di berbagai destinasi wisata di Hong Kong. Fakta bahwa jumlah traveler Muslim meningkat sekitar 23 persen membuat Hong Kong senantiasa meningkatkan fasilitas dan akomodasinya yang ramah bagi umat Muslim. Demikian menurut rilis dari Hong Kong Tourism Board (HKTB) yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 7 Juni 2016.

Berikut ini adalah beberapa masjid yang bisa Anda kunjungi saat berada di Hong Kong.

Tips Liburan Hemat di Hong Kong

Masjid Jamia

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/06/07/5756f9c1a9f30-masjid-jamia-di-hong-kong_663_382.jpg

Ini adalah masjid pertama di Hong Kong yang dibangun pada tahun 1840-an, dan diperluas pada 1915. Masjid Jamia ditetapkan sebagai Grade 1 dari daftar bangunan bersejarah oleh pemerintah Hong Kong. Seperti masjid pada umumnya, kegiatan salat lima waktu rutin diadakan di sini, serta salat tarawih saat bulan Ramadan. Tak hanya itu, Masjid Jamia juga menyediakan sahur bagi umat Muslim selama bulan puasa.

Alamat: 30 Shelley Street, Central
Stasiun MTR terdekat: Central

Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Center

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/06/07/5756f8fa5ff81-masjid-ammar-di-hong-kong_663_382.jpg

Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Wan Chai karena lokasinya. Dimiliki oleh Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong, yang memberikan sertifikat halal untuk restoran yang sesuai kriteria dan operasionalnya dijalankan oleh Islamic Union of Hong Kong.

Di area Masjid, Anda bisa menemukan dimsum halal yang terkenal di Hong Kong. Terdapat pula beberapa fasilitas untuk umat Muslim di masjid ini, termasuk perpustakaan dan Taman Kanak-kanak Islam.

Alamat: Masjid Ammar 40 Oi Kwan Road, Wanchai
Stasiun MTR terdekat: Causeway Bay

Masjid Chai Wan

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/06/07/5756fad313604-masjid-chai-wan-di-hong-kong_663_382.jpg

Masjid Chai Wan dibuka pertama kali di tahun 1963 dan ditetapkan sebagai masjid kelima di Hong Kong. Awalnya masjid ini didirikan untuk salat jenazah yang dikuburkan di area makam sekitar, Cape Collinson. Seiring berkembangnya populasi umat Muslim di Hong Kong, kegiatan Islami semakin banyak diadakan di masjid ini, termasuk madrasah untuk anak-anak belajar Al-Quran. Masjid ini berlokasi di area yang sunyi dan dikelilingi oleh pemandangan hijau nan asri.

Alamat: Cape Collison Road, Hong Kong
Stasiun MTR terdekat: Chai Wan

Masjid Stanley

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/06/07/5756fa3630995-masjid-stanley-di-hong-kong_663_382.jpg

Masjid ini pertama kali dibuka pada tahun 1981 untuk tempat beribadah Muslim India di Hong Kong. Masjid Stanley sangat nyaman untuk beribadah khusyuk karena pengunjung tidak diizinkan berjalan-jalan di area sekitar. Masjid Stanley juga mempunyai aturan khusus yang mengharuskan pengunjung mengajukan permohonan sebelum melakukan kunjungan.

Alamat: 53 Tung Tau Wan Road, Stanley, Hong Kong
Stasiun MTR terdekat: Chai Wan

Masjid Kowloon

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/06/07/5756fb262a46e-masjid-kowloon-di-hong-kong_663_382.jpg

Masjid ini termasuk masjid yang besar di Hong Kong dan mampu mengakomodasi hingga 3.500 orang. Masjid Kowloon memiliki dua madrasah untuk anak laki-laki dan perempuan dalam ruang kelas yang dapat mengakomodasi 200 murid di setiap kelas.

Murid-murid madrasah dapat belajar bahasa Arab dan Al-Quran dalam bahasa Inggris dan Urdu di sini. Kelas Dakwah (Intermediate Course on Islam) untuk non-Muslim juga diselenggarakan secara rutin di masjid ini.

Alamat: 105 Nathan Road, TST, Kowloon
Stasiun MTR terdekat: Tsim Sha Tsui

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya