Belasan Robot Siap Layani Pengunjung Bandara Incheon Korea

Robot di Bandara Incheon
Sumber :

VIVA.co.id – Dunia digital akan semakin canggih lagi dengan kehadiran para robot yang bisa mengambil alih pekerjaan manusia. Bukan hanya Jepang, Korea juga negara di Asia yang terdepan untuk urusan teknologinya dan mulai mempekerjakan para robot dalam berbagai aktivitas.

Turis Asal China Masuk Daftar Pencarian Korea Selatan Usai Kabur dari Isolasi COVID-19

Yang terbaru, Korea Selatan akan meluncurkan para robot untuk membantu manusia di Bandara Internasional Incheon. Dari rilis media yang diterima VIVA.co.id, Korea Tourism Organization menjelaskan, para robot ini akan memberi banyak pelayanan untuk para pengunjung negeri tersebut.

Akhir tahun 2016 nanti, Korea akan memperkenalkan 15 robot baru dengan beragam tugas menarik. 5 robot bertugas sebagai pembersih lantai, 5 robot untuk pengantar bagasi, dan 5 robot lainnya melayani informasi dan arah bandara.

Korea Selatan Mewajibkan Tes COVID-19 untuk Kedatangan dari China

Robot-robot ini dilengkapi dengan voice recognition dan response function yang memungkinkan mereka mengerti 4 bahasa: Korea, Inggris, China, dan Jepang. Pertanyaan dan keluhan tentang bandara tersebut sejak tahun 2001 sudah dimasukkan ke dalam program sehingga mereka bisa mengerti apa yang dibutuhkan pengunjungl. Dengan kemampuan tersebut, para turis asing dari berbagai negara bisa mendapat bantuan dari para robot ini.

"Jika ada pertanyaan selain dari data yang sudah diinput, untuk sementara robot akan menjawab 'tidak tahu'. Kemudian, tim informasi Bandara Incheon akan menerima pertanyaan tersebut dan memberikan jawabannya. Pertanyaan dan jawaban tersebut akan langsung disebarkan ke robot-robot lainnya agar dapat menyajikan informasi bagi wisatawan di bandara," ujar perwakilan Bandara Incheon.

PP Jakarta-Seoul Cuma Rp4,2 Juta di Korea Travel Fair 2019

Mereka juga dilengkapi dengan autonomous function, sebuah kemampuan untuk mendeteksi lokasi dan bisa menghindari tabrakan dengan pejalan kaki lainnya. Ia akan menjadi petunjuk arah yang baik bagi para tamu.

Selain 15 robot tersebut, Korea juga berencana merilis robot lain yang berfungsi untuk melayani pemeriksaan keamanan, proses check-in, lounge bandara, dan lainnya. Bandara besar di dunia lain pun disebut akan mulai memperkenalkan robot semacam ini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya