Studi: Liburan Dapat Hilangkan Stres

Ilustrasi liburan
Sumber :
  • Pixabay/Keulefm

VIVA.co.id – Banyak orang mengetahui bahwa liburan dapat membuat diri menjadi lebih baik. Sekarang hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian medis untuk mendukung hal tersebut.

Trik Agar Koper Muncul Pertama di Pengambilan Bagasi Bandara

Menurut sebuah studi baru, liburan dapat menghilangkan stres, meremajakan sel, dan memerangi efek penuaan. Jika Anda tidak bisa pergi liburan, cobalah meditasi. Meditasi dapat meningkatkan metabolisme, fungsi kekebalan tubuh, dan respon stres jangka panjang.

Dilansir laman Telegraph, para peneliti dari Mount Sinai School of Medicine, University of California dan Harvard Medical School yang diikuti 94 wanita sehat berusia 30 sampai 60 tahun. Semuanya menghabiskan seminggu berlibur di resor yang sama. Setengah dari kelompok mengikuti program meditasi termasuk mantra meditasi, yoga, dan latihan refleksi diri. 

Pertama Kali Wisata ke Hong Kong? Ini 4 Hal yang Wajib Anda Tahu

Survei dikumpulkan satu bulan dan 10 bulan setelah liburan. Para ilmuwan mempelajari perubahan 20.000 gen pada ketiga kelompok untuk menetapkan gen yang mengalami perubahan sebelum dan setelah istirahat selama seminggu. 

Perubahan signifikan terlihat pada meditasi pemula, meditasi berpengalaman, dan berlibur selama satu minggu di resor. Perubahan yang paling menonjol ditemukan dalam gen yang berkaitan dengan respons stres dan fungsi kekebalan tubuh.

Tips Hemat dan Nyaman Habiskan Libur Lebaran 

Ketika ditanya tentang kesejahteraan mereka satu bulan setelah pengalaman, semua peserta melaporkan merasa lebih baik. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Translational Psychiatry, yang diterbitkan oleh Nature.

Pantai Tanjung Karang Donggala

5 Hal Wajib Dipersiapkan Saat Wisata di Kawasan Rawan Bencana

Pertama, memahami potensi bencana di kawasan wisata.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2019