Lima Tips Bermanfaat Saat Wisata dengan Kendaraan

Ilustrasi traveling menggunakan mobil.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Ada banyak cara untuk berwisata, salah satunya adalah dengan perjalanan darat. Ini adalah salah satu petualangan klasik yang banyak orang lakukan, apalagi ketika hari raya datang. 

5 Hal Wajib Dipersiapkan Saat Wisata di Kawasan Rawan Bencana

Jika Anda ingin mencobanya, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut lima tips bermanfaat untuk berwisata dengan kendaraan, seperti dilansir laman Travelerstoday.

Periksa kendaraan

Trik Agar Koper Muncul Pertama di Pengambilan Bagasi Bandara

Jika Anda tidak ingin merasakan terdampar berhari-hari dalam perjalanan, usahakan untuk cek bagian rem, ban, mesin serta bagian lain dari mobil Anda sebelum berangkat berwisata. Pastikan Anda mempersiapkan suku cadang sendiri, dan membawa ban cadangan, bensin, cairan radiator, kabel jumper, dan hal-hal lain yang diperlukan.

Jangan terlalu merencanakan liburan

Pertama Kali Wisata ke Hong Kong? Ini 4 Hal yang Wajib Anda Tahu

Dibandingkan dengan jenis liburan lain, perjalanan darat tidak memerlukan rencana yang rinci. Anda bisa melakukan rencana bebas untuk makan dan beristirahat. Ini merupakan sensasi dari melakukan liburan dengan perjalanan darat.

Pilih jalur alternatif

Bagi yang tidak memiliki jadwal yang ketat, Anda dapat memilih jalan alternatif untuk merasakan pemandangan yang berbeda dibandingkan menggunakan jalur utama.

Membagi tugas

Jika Anda bepergian dengan kelompok, yang terbaik adalah untuk membagi tugas ketika di jalan. Ketika ada satu orang yang menyetir, satu orang lagi bisa menjadi petunjuk jalan, atau orang lain yang tidak sibuk bisa mempersiapkan makanan.

Membawa dokumen lengkap

Sebagai pengendara yang bertanggung jawab, membawa dokumen lengkap sangat penting seperti STNK, SIM, dan dokumen lain yang diperlukan. Anda pasti tidak ingin liburan terganggu karena tidak membawa dokumen ketika diberhentikan petugas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya