23 Negara Ikut Majapahit Travel Fair 2017

Padang Savana di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lukcy Aditya

VIVA.co.id – Provinsi Jawa Timur termasuk salah satu daerah yang cukup sering menggelar acara atau event pariwisata, hal tersebut tentunya untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dan Wisatawan Nusantara. Pada tanggal 13-16 April mendatang Majapahit Travel Fair (MTF) kembali digelar di Grand City Comvex, Surabaya.

Warga Italia Antusias Cari Tahu Paket Wisata Indonesia

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan, event ini nantinya akan menyuguhkan banyak kegiatan dan menghadirkan peserta dari 23 negara.

"Ini merupakan pameran, tapi dalamnya berbagai kegiatan selain Travex ada juga familiarization trip. Ada 120 buyer dari 23 negara," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Senin, 10 April 2017.

Berencana Liburan ke Belitung? Cek Promo Paket di Sini

Esthy meyakini ajang tahunan ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya, dari 23 negara yang datang itu diharapkan mampu menghasilkan total transaksi sebesar Rp56 miliar atau tumbuh 2,5 persen dibandingkan penyelenggaraan pada tahun lalu.

“Setiap tahun menghasilkan kenaikan total transaksi yang signifikan,” kata Esthy.

Indofest Bakal Hadirkan Keseruan Wisata Alam Bebas Indonesia

Selain itu, MTF diharapkan lebih banyak menjual inbound dengan memperbanyak pembeli sekaligus sebagai upaya mencapai target kunjungan wisman sebesar 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) serta 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada tahun ini, dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman dan 275 juta wisnus pada 2019 mendatang.

Kadisbudpar Jatim Jarianto mengatakan, MTF 2017 ini jadi sarana untuk meningkatkan wisman dan wisnus, menciptakan peluang bisnis, dan sebagai ajang mempromosikan pariwisata Jawa Timur dan daerah lain di Indonesia.

“Pada penyelenggaraan MTF tahun ini kita mengangkat tema ‘Adventure Tourism’ untuk meningkatkan minat generasi muda serta para penggemar wisata petualangan mengeksplorasi kekayaan alam Jawa Timur,” kata Jarianto.

MTF 2017 terdiri beberapa kegiatan utama antara lain, Travel Exchange (Travex) mempertemukan seller dengan buyers dalam round table atau table top yang akan berlangsung di Hotel Vasa Surabaya pada 13 April 2017.

“Buyers yang sudah mendaftar sebanyak 132 orang, 90 di antaranya dari 23 negara pasar Jatim, negara memiliki direct flight ke Surabaya, negara sebagai pasar baru, serta 42 buyers dalam negeri dari provinsi luar Jatim,” tutur Jarianto.

Di antara 90 pembeli yang datang di MTF 2017 antara lain, Malaysia, Singapura, Myanmar, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, Jepang, Belanda, Italia, India, China, Hong Kong, Bangladesh dan Arab Saudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya