Enam Cara Tekan Biaya Liburan

Ilustrasi liburan/foto Instagramable.
Sumber :
  • Pexels/Adam Kontor

VIVA – Libur panjang menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu. Setiap orang telah merencanakan untuk memanjakan diri, salah satunya dengan cara liburan ke luar kota bahkan ke luar negeri.

6 Buku Terbaik untuk Menemani Anda dalam Berlibur

Tapi tidak sedikit pada momentum tersebut, seseorang kalap untuk menghabiskan uang mereka. Untuk mencegah hal itu, umumnya setiap orang akan melakukan penganggaran (budgeting) sebelum bepergian.

Salah satu travel blogger asal Jakarta, Famega Syavira Putri pun memberikan beberapa tips untuk menekan pengeluaran agar Anda memiliki risiko kecil kehabisan uang, bahkan menghindarkan Anda dari tagihan bank yang membengkak.

Liburan 5 Seleb saat Lebaran, Mulai Korea hingga Malang

1. Pemilihan transportasi

Famega menyebut, dana yang paling besar dikeluarkan oleh wisatawan salah satunya ialah dari transportasi dan penginapan. Ia pun menyarakankan untuk memilih kelas ekonomi.

Tips Ahli Agar Liburan Anak Aman dan Nyaman

"Selalu pilih kelas rendah. Selalu  cari deal-deal yang  ditawarkan maskapai penerbangan, pilih juga membeli di hari kamis karena agak lebih murah dibanding Jumat. Dan yang terpenting sering kumpulin poin flight karena sering kali ada promo-promo," ungkapnya kepada VIVA saat ditemui di Plaza Senayan Jakarta, Rabu 20 Desember 2017.

2. Pilih penginapan di Hostel

Anggaran paling besar kedua yang paling sering dikeluarkan selama berwisata adalah penginapan. Dia pun mengakalinya dengan menginap di hostel atau bahkan menginap di rumah warga setempat, dengan menggunakan website Couchsurfing, atau menumpang di rumah teman.

"Soal keamanan terjamin, karena ada sistim reference dari orang-orang. Reference yang pernah ketemu dan murah," ujarnya.

3. Hemat pengeluaran dengan memasak

Dia menyebut, makan di luar selama melakukan perjalanan wisata luar negeri jauh lebih mahal dibandingkan jika membeli bahan makanan dan memasaknya di lokasi penginapan Anda.

"Bisa 10 euro sekali makan padahal bisa untuk 3 hari," ujarnya.

4. Melakukan hitchhiking

Hitchhiking sendiri merupakan kegiatan menumpang mobil seseorang dengan cukup berdiri di pinggir jalan dan mengangkat jempol dikatakan mampu menekan biaya liburan.

"Semua ada risiko tapi perlu hati-hati. Lakukan itu siang hari, pilih-pilih juga lihat orangnya kalau cowok dalam satu mobil ada 3 orang, kalau ada tampang mencurigakan enggak usah. Lebih ke insting dan caranya pakai baju tertutup dan nyaman carinya di tempat aman," ujarnya.

5. Cari informasi perihal museum gratis hingga tur-tur gratis

"Di Spanyol ada tiap Kamis gratis. Karena gratis antrenya jauh banget. Banyak orang kasih tur gratis kamu bayar seikhlasnya biasanya di ibukota Hanoi, dll jam berapa kemana kamu bayar seikhlasnya," ujarnya.

6. Barang bawaan.

"Travelight barangnya enggak usah banyak-banyak selain buat repot akan tambah beban untuk bagasi," ungkapnya.

Sudah dengar hotel menggantung di tebing yang berada di Purwakarta, Jawa Barat? Wah benar-benar pengalaman luar biasa bisa menginap di sana. Penasaran? Lihat di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya