Membidik Wisata Petualangan

Arung jeram/wisata petualangan.
Arung jeram/wisata petualangan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/LASSAK IMAJI/Tagor Siagian

VIVA – Pagi itu di Desa Jurangmangu, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, suasana tak sehening biasanya. Puluhan orang telah memenuhi balai desa yang terletak di lereng Gunung Slamet tersebut.

Mereka adalah peserta dan panitia North Slamet Gravity Adventure (NSGA) 2018. Bersama masyarakat setempat, semua berkumpul dan berdoa bersama agar petualangan yang akan dilakukan berjalan dengan lancar.

NSGA merupakan salah satu paket wisata petualangan yang digelar pada 20-22 Januari lalu. Tidak hanya naik gunung biasa, paket wisata ini diperuntukkan bagi para penghobi olah raga bersepeda, khususnya downhill.

Kerja sama lintas komunitas, pemerintah desa, dan masyarakat setempat ini, adalah langkah awal untuk menjadikan Jurangmangu sebagai desa wisata petualangan di tanah Jawa.

Setelah melakukan serangkaian seremoni di Balai Desa, mereka pun bersiap untuk memulai petualangan. Rombongan dibagi dua. Tim pertama adalah para porter yang membawa peralatan dan logistik, dan tim kedua adalah rider atau pesepeda.

Sesampainya di pos delapan atau pos sebelum puncak Gunung Slamet, para wisatawan menginap untuk mempersiapkan diri gowes turun gunung pagi harinya. Tenda-tenda dan makanan pun telah disiapkan, yang merupakan satu paket dari wisata petualangan tersebut.

Trek menuju Gunung Slamet.