Mudik yang Jenjam

Foto udara jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Lampung
Foto udara jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Lampung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Suasana sebuah restoran di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat tampak ramai pada Senin malam 27 Mei 2019. Para pengunjung sibuk menyantap hidangan buka puasa, sambil sesekali berbincang soal macetnya jalanan. 

Ibu Kota pada satu pekan menjelang lebaran, memang tampak masih padat. Kaum pekerja bergegas menyelesaikan semua pekerjaan mereka, agar bisa meninggalkan kantor dan berlibur dengan tenang. “Kamu jadinya naik apa?” tanya seorang tamu restoran bernama Ari, pada rekannya, Adi.

“Mobil lah. Pesawat enggak masuk akal harga tiketnya,” ujar Adi singkat.

“Mentang-mentang dapat pinjaman mobil,” kata Ari dengan nada bercanda.

“Iya dong. Sekalian nyobain tol baru,” jelas Adi.

Topik tersebut banyak sekali diperbincangkan oleh mereka, yang hendak mudik ke kampung halaman. Isu mahalnya harga tiket pesawat, memang membuat banyak pihak kecewa. Alhasil, tidak sedikit yang menjatuhkan pilihan pada transportasi darat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol Trans Jawa sepanjang 1.000 kilometer sudah bisa dimanfaatkan oleh para pemudik, yang hendak menuju Jawa bagian timur dari arah barat maupun sebaliknya.