- Instagram/han_yoora
Anak muda kelahiran 1992 ini mulai aktif menjadi content creator pada tahun 2014 saat bulan puasa. Waktu itu juga menjadi awal kemunculan komunitas Indovidgram yang kemudian banyak me-repost video komedi yang ia buat.
Awalnya iseng saja, namun ternyata banyak yang menyukai karya Goizza yang mendorongnya semakin terpacu untuk terus membuat video lain yang baru. Dengan cepat, followers Goizza pun ikut meroket.
Berbagai video parodi yang diciptakan Goizza berhasil membuat para netizen kepincut. Terlebih lagi, ia sering membuat konten yang berbau Korea atau K-Pop yang kini jadi branding-nya. Jika mengintip ke laman akunnya, netizen bisa dibuat ketagihan.
Banyaknya penggemar Goizza juga membuat tawaran endorsement datang menghampirinya. Saat berbincang dengan kami, Goizza berkisah awal mula terjun dalam dunia endorsement hanya dengan niat bantu usaha teman saja. Namun lama kelamaan, Indovidgram rupanya tertarik untuk menawarinya bergabung dalam manajemen mereka.
"Jadilah aku mulai menerima endorse atau campaign dari brand-brand gitu," kata Goizza.
Karena sudah bersama manajemen, Goizza menerangkan, semua yang berkaitan dengan kerja sama sudah ditangani oleh pihak manajemen. Biasanya, brand akan menghubungi agensi yang kemudian akan diteruskan ke pihak manajemen.
Nantinya, para calon klien akan diberikan daftar rate card masing-masing kreator yang tergabung bersama manajemen. Pihak brand bisa memilih kreator dan kreator pun bebas menerima tawaran tersebut atau tidak.
"Kalau sudah deal sama rate-nya. Brand kasih brief campaign-nya, ditawari ke kreator, sanggup apa enggak," ujarnya.
Bagi Goizza sendiri, sejauh ini tidak ada pertimbangan pribadi dalam menerima tawaran yang datang. Hampir semua dikerjakan, karena itu yang menuntutnya untuk lebih berpikir kreatif.
"Setiap campaign yang ditawarkan jadi tantangan buat aku berpikir kreatif," tambahnya.
Sayangnya, Goizza menolak membeberkan berapa pendapatan yang bisa ia raup dari endorsement tersebut. Tapi, pria yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil ini punya bocorannya.
"Ini bukan penghasilan tetap juga. Kadang sepi campaign, kadang lumayan ramai. Kalau ramai dalam sebulan bisa berasa dua kali gajian gitu," kata Goizza.