Teror Sadako Hingga Valak

Ilustrasi salah satu film horor
Ilustrasi salah satu film horor
Sumber :
  • REUTERS/Jon Nazca

VIVA – Berbaju putih dan rambut panjang terurai yang menutupi wajahnya, hantu wanita ini merangkak keluar, menebar teror ketakutan dan balas dendam. Itulah hantu Sadako. Sosok menyeramkan ini merupakan salah satu hantu Jepang yang sangat populer.

Sadako diceritakan sebagai jelmaan wanita yang ditemukan tak bernyawa di sebuah sumur tua. Penyebab kematiannya sangat misterius.

Bagi pecinta film horor Jepang, sosok Sadako memang sudah tak asing lagi. Kisah hantu yang diceritakan dalam film Ringu ini diawali dengan kematian siswa SMA di Tokyo setelah menonton sebuah video di asrama.

Salah satu siswa yang meregang nyawa bernama Tomoko yang kebetulan keponakan salah satu reporter televisi Tokyo, Reiko Asakawa. Reiko pun menyelidiki kematian itu. Ia menyadari kematian Tomoko dan beberapa siswa lainnya sangat misterius. Dari penelusurannya ia menemukan kisah Sadako. Ternyata, video yang ditonton Tamako dan siswa lain di sekolah itu mengandung kutukan.

Film Ringu yang dirilis tahun 1998 disutradarai Hideo Nakata. Film yang diangkat berdasarkan novel milik Koji Suzuki ini dibintangi Nanako Matsushima dan Hiroyuki Sanada. Film yang proses pembuatannya menghabiskan waktu sembilan bulan ini disebut sebagai film dengan biaya produksi terbesar di Jepang, sekitar US$13 juta.

Sorot Film Horor Bioskop - setan - iblis

Salah satu cuplikan film horor luar negeri. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Seperti dilansir dari horrorcultfilms, film Ringu sangat populer hampir di seluruh dunia. Pergerakan hantu dengan gaya merangkak seperti serangga memang baru pertama kali muncul di Ringu. Dan inilah yang membuat film bergenre psikologi horor ini menjadi fenomenal, dan  terkenal. Yang berbeda lainnya, Ringu memiliki efek suara setan yang membuatnya terngiang dan sulit dilupakan penonton.

Tak hanya sukses meneror penontonnya, Ringu juga juga meraih sukses di box office dengan menghasilkan 1 miliar Yen. Pujian dan pengakuan dari kritikus film di negara Matahari Terbit yang terkenal sangat kritis juga didapat.

Kesuksesan Ringu ini diikuti kesuksesan film horor lainnya, Ju-On: The Grudge, yang sedikit banyak punya kesamaan dengan Ringu. Salah satunya sosok hantu yang ditampilkan. Jika di Ringu menampilkan Sadako, yang keluar dari sumur dengan merangkak, di Ju-On hantu hantu Sayako merangkak saat turun dari tangga. Keduanya dianggap sebagai sosok hantu yang ikonik.

Halaman Selanjutnya
img_title