Rupa-rupa Jurus Lawan KPK

Aktor senior Pong Harjatmo melakukan aksi dengan membawa poster ketika pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Kawasan Bundaran HI Jakarta.
Aktor senior Pong Harjatmo melakukan aksi dengan membawa poster ketika pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Kawasan Bundaran HI Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Puluhan orang tampak memadati Ruang Sidang Utama Prof H Oemar Seno Adji, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat 8 Desember 2017. Mereka berjejal, memenuhi ruang sidang. Seluruh kursi pengunjung di ruangan berdinding putih ini sudah terisi. Pengunjung yang tak kebagian kursi memilih duduk di lantai atau berdiri.

Sekitar enam puluhan polisi menjaga jalannya sidang. Mereka berjaga di dalam dan di luar ruang sidang. Sementara sisanya mengamankan area pengadilan, mulai dari halaman hingga lokasi parkir kendaraan pengadilan yang terletak di Jalan Ampera Raya, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini.

Hakim Tunggal Kusno memimpin jalannya sidang praperadilan Setya Novanto

Hakim Tunggal Kusno memimpin jalannya sidang praperadilan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Kusno, hakim tunggal yang menangani pra peradilan penetapan status tersangka Ketua DPR RI, Setya Novanto terlihatmemimpin sidang. Tak jauh dari meja hakim, tampak tim kuasa hukum Setya Novanto. Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai pihak termohon juga terlihat sudah duduk berjajar persis di seberang meja tim kuasa hukum Novanto. Empat kardus warna cokelat dan satu tas berkas dokumen terlihat di depan meja tim dari KPK.

Ini merupakan sidang ketiga pra peradilan yang diajukan Setya Novanto. Ketua Umum Partai Golkar ini kembali mengajukan gugatan pra peradilan setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK untuk kedua kali. Kali ini sidang mengagendakan jawaban dari KPK selaku pihak termohon.

Strategi Tersangka Koruptor