Yohanes Laporkan Jaksa Kasus Sisminbakum

VIVAnews - Terdakwa kasus korupsi Sistim Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) Yohanes Waworuntu melaporkan jaksa-jaksa yang mengusut kasusnya ke Kejaksaan Agung. Yohanes adalah Direktur Utama PT Sarana Rekatama Dinamika, rekanan Departemen Kehakiman/Hukum dan HAM dalam membuat Sisminbakum.

Aduan itu dilayangkan Yohanes melalui pengacara, Eggy Sudjana."Saya mau tahu Jampidus ini bagaimana memeriksa jaksa-jaksa itu," kata Eggy ketika melapor di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis 7 Januari 2010.

Menurut dia, kedatangannya kali ini untuk mempertanyakan apa yang dianggapnya sebagai kasus kolusi yang tidak pernah terungkap dalam persidangan kasus Sisminbakum. "Yakni sangat kuat dugaan Yusril (Ihza Mahendra/mantan Menteri Kehakiman dan HAM) dengan Hartono Tanoe (Soedibyo), mereka berkolusi membuat satu sistem untuk memanfaatkan fasilitas negara mengutip uang dari rakyat dan dikirim ke SRD," kata dia.

Dia mendesak Kejaksaan Agung untuk menjadikan Yusril dan Hartono sebagai tersangka dan membawanya ke pengadilan dalam kasus Sisminbakum ini. "Kenapa Kejagung tidak ungkap ini, di pengadilan Yusril dan Hartono jadi tersangka," kata dia.

Eggy juga meminta Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Peradilan yang dibentuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu untuk membongkar kasus ini. "Ini tugas Satgas, mau ga buka semua ini, markus dan beking-bekingnya. Kalau tidak, omong kosong itu Satgas," kata dia.

Sebelumnya, Eggy juga telah melaporkan sejumlah jaksa yang menangani kasus Sisminbakum ini ke Komisi Kejaksaan (Komjak). Jaksa-jaksa itu adalah adalah jaksa penyidik yang terdiri dari Polin O Sitanggang, Reda Manthovani, Zuhandi, Hilman Azazi, Yunita Arifin. Sedangkan Jaksa penuntut umum yang diadukan adalah Mursito, Adhi Prabowo, Zuhandi.

Selain itu, Eggy juga telah melaporkan hakim yang menangani kasus Sisminbakum ke Komisi Yudisial (KY).

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata
Jorvan Veira

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Jorvan Vieira, nama yang mungkin asing bagi pecinta sepak bola di tanah air. Namun, di benua Asia, nama ini begitu harum dan dihormati. Beliau adalah pelatih asal Brasil

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024