Yunus Husein Disebut di Sidang Anggodo

Sidang Perdana Anggodo Widjojo
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan Yunus Husein disebut dalam sidang dugaan penyuapan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dengan terdakwa Anggodo Widjoj

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

I Ketut Sidarta saat memberikan keterangan sebagai saki dalam sidang Anggodo menjelaskan,   pimpinan PPATK tersebut menghubunginya saat ia masih menjabat wakil ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Yunus memintanya untuk tidak memberi perlindungan kepada Direktur Utama PT Masaro Radiokom, Anggoro Widjojo.

"Saya katakan kepada dia, terus apa yang saya lakukan. Lalu apa pekerjaan LPSK kalau tidak melindungi. Dia bilang disuruh salah satu pimpinan KPK karena takut dipecat," kata Ketut saat memberikan keterangan di Pengadilan Negeri Tipikor, Selasa 20 Juli 2010.

Saat dihubungi Ketut mengaku bingung, sebab nama Anggoro ketika itu belum masuk daftar LPSK. Setelah mendapat telepon dari Yunus, Ketut juga dihubungi oleh Deputi Penindakan KPK Ade Raharja. Saat menghubunginya, Ade marah-marah dan meminta agar LPSK juga tidak melindungi Anggoro Widjojo. "Kami belum tahu Anggoro Widjojo, tapi baru sadar, rupanya saya sudah disadap," kata dia.

Dengan nada mengancam Ade meminta agar LPSK tidak melindungi Anggoro. "Saya katakan kepada dia, saya tidak takut kepada Bapak (Ade Raharja). Bapak memang bintang dua, saya Kombes. Tapi dia bilang ini KPK, saya bilang saya juga tidak takut dengan KPK, karena saya bukan koruptor," tegas dia.

Rupanya bukan hanya dua orang itu saja yang menghubungi Ketut, mantan anggota Wantimpres Adnan Buyung Nasution juga disebut namanya ikut menghubungi Ketut. Ketika itu Buyung mengatakan, "Kamu nggak takut sama KPK. Saya jawab Abang boleh takut, tapi saya bukan koruptor, saya tidak pernah takut," kata dia.

LPSK kemudian memutuskan melindungi empat orang dalam kasus ini, yakni Ari Muladi, Haryono, Putranefo dan Joni Aliando.

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024