Bachtiar Chamsyah Ditahan di Cipinang

Keterangan Bachtiar Chamsyah
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan mantan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah. Dia ditahan dengan status tersangka dalam kasus korupsi pengadaan sarung.

Penahanan dilakukan setelah penyidik memeriksa Bachtiar Kamis 5 Agustus 2010 selama 5,5 jam, sejak pukul 10.00 WIB. Bachtiar kemudian ditahan di rumah tahanan Cipinang, Jakarta Timur.

Sesaat sebelum masuk mobil tahanan, mantan menteri ini mengaku tak ada kerugian negara dalam kasus pengadaan sarung tersebut. "Dana yang didapat itu dari sumbangan masyarakat," kata dia. Dari dana itu lah, kata dia, sumbangan diberikan untuk bencana alam termasuk sarung.

Cek Penerapan Aturan Impor untuk PMI di Bandara Soetta, Mendag Zulhas Temukan Ini

Bachtiar pun menyangkal jika pengadaan sarung itu dilakukan karena kebijakan yang dia keluarkan. "Itu karena permintaan."

Bachtiar telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi dalam pengadaan sapi impor, mesin jahit, dan sarung di Departemen Sosial dalam kurun waktu 2004-2006.

KPK mengindikasikan dalam kasus pengadaan sapi, negara dirugikan hingga Rp3,6 miliar. Sedangkan kasus mesin jahit diduga merugikan negara Rp24,5 miliar. Untuk pengadaan sarung, KPK menduga negara telah dirugikan sekitar Rp11 miliar. Pengadaan sarung ini menghabiskan uang negara Rp25 miliar. (umi)

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman.

Dirlantas Polda Metro Jaya Ungkap Alasan Pakai Nomor WA terkait Surat Tilang Elektronik

Jika nomor telepon pemilik kendaraan tersebut tidak tersambung via WA maka surat tilang akan dikirim via SMS

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024