RI-Vietnam Saling Tukar Informasi Intelijen

Kepala PPATK Yunus Husein
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menggaet Vietnam dalam kerja sama pertukaran informasi intelijen. Beberapa informasi rahasia yang dipertukarkan terkait keuangan, pencucian uang, dan pendanaan terorisme.

Dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Kamis 19 Agustus 2010. Kerja sama ini diteken Kepala PPATK Yunus Husein dan Deputy Director General Banking Supervisory Agency Director of Anti Money Laundering Department State Bank of Vietnam, Dao Quac Tinh, kemarin.

Dalam rilis disebutkan masing-masing lembaga diwajibkan menjaga kerahasiaan informasi yang didapat dair hasil pertukaran. Selain itu, informasi yang saling ditukar pun tidak bisa dijadikan  barang bukti di pengadilan.

"Informasi tidak dapat diteruskan kepada pihak manapun tanpa izin tertulis dari pemilik informasi, serta masing-masing lembaga dapat menolak untuk memberikan informasi yang diminta apabila bertentangan dengan kepentingan negara masing-masing."

Vietnam merupakan salah satu negara kecil yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Pada tahun 1986, Partai Komunis Vietnam menerapkan reformasi pasar bebas yang dikenal sebagai Renovasi.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Meski kekuasaan negara tetap dominan, kepemilikan swasta atas pertanian dan usaha-usaha lainnya dapat dimungkinkan, serta deregulasi dan investasi asing terus dipacu oleh Pemerintah Vietnam.

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024