"Busyro-Bambang Senilai Emas 24 Karat"

Bambang Widjojanto (kiri) dan Busyro Muqoddas
Sumber :
  • Antara/Herka Yanis Pangaribowo

VIVAnews - Ketua Komisi III Benny K Harman menyatakan bahwa dua calon pimpinan KPK yang diajukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) KPK, Busyro Muqoddas dan Bambang Widjojanto, adalah tokoh terbaik yang sesuai dengan harapan publik.

"Mereka adalah tokoh terbaik dan berkualitas. Mereka senilai emas 24 karat," kata Benny di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 31 Agustus 2010. Benny sama sekali tak meragukan hasil seleksi pansel, karena menurutnya pansel beranggotakan tokoh-tokoh paling berintegritas di negeri ini.

"Kedua nama itu telah melalui proses ketat yang memakan waktu lama dan biaya besar," ujar Benny. "DPR wajib memilih satu di antara keduanya," tegasnya. Benny pun meminta agar kedua calon tidak tunduk kepada tekanan politik yang mungkin muncul dari pihak-pihak tertentu.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar yang juga Ketua Pansel KPK, meminta kepada DPR untuk tidak menolak kedua calon yang diajukan Pansel. Ia berpendapat, penolakan DPR dapat menjadi preseden buruk untuk yang kesekian kalinya, karena akan mengganggu kinerja negara.

Patrialis pun menyambut inisiatif DPR untuk meminta calon pimpinan KPK meneken pakta integritas. "Itu bagus. Terserah DPR saja, karena sekarang bola di tangan DPR," kata Patrialis.

Percepatan Implementasi AI, Lintasarta Menjalin Kerjasama Strategis Kembangkan Solusi Industri 

Pada akhirnya, politisi PAN itu mendorong DPR untuk menyetujui empat tahun masa tugas bagi pimpinan KPK terpilih, karena UU KPK tidak mengenal pergantian antarwaktu. (umi)

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Kombes Ade Safri Ungkap Belum Ada Permohonan Penangguhan Penahanan TikToker Galih Loss

TikToker Galih Loss ditangkap Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama usai videonya viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024