KPK Malaysia Munculkan Insiprasi

VIVAnews - Wakil Ketua bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, M Jasin mengatakan Komisi Antikorupsi Malaysia (MSCC) memberikan inspirasi. Pegawai komisi yang mirip KPK di Indonesia itu mencapai 2000 personil.

Selain itu, kata Jasin, kantor cabangnya tersebar di 15 negara bagian seluruh wilayah Malaysia. "Personil mereka jauh besar dibandingkan kita. Jumlah itu dengan penduduk hanya 27 juta orang," kata Jasin usai menerima kunjungan Komisioner KPK Malaysia, Datuk Hon. Dato' Sri Haji Ahmad Said Bin Hamdan, Selasa 3 Februari 2009.

Jasin membandingkan KPK Indonesia yang hanya memiliki pegawai sekitar 600 orang untuk melayani 230 masyarakat seluruh Indonesia. "Malaysia masih akan mengembangkan pegawainya secara bertahap sampai berjumlah 7000 orang," tambahnya.

BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

Jasin berharap Pemerintah juga mendapat insiparasi dari besarnya jumlah personil komisi antikorupsi negara tetangga itu.

Dalam pertemuan di kantor KPK Kuningan, Jakarta itu, Jasin juga mengatakan bahwa MSCC sebelumnya bernama Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia atau SPRM. Lembaga ini dulu tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penuntutan. "Tapi sekarang kewenangannya sudah diperkuat dan berhak melakukan penuntutan," tambahnya.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23
Rio Reifan ditangkap polisi atas kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu di Kediamannnya.

Terpopuler: Rio Reifan Ditangkap karena Kasus Narkoba hingga Zita Anjani Pamer Starbucks di Mekkah

Artikel yang memuat berita terkait penangkapan Rio Reifan itu menjadi salah satu dari empat artikel dengan jumlah pembaca paling tinggi di kanal Showbiz VIVA.CO.ID

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024