Operasi Suara Agar Lebih Awet Muda?

Lagu Amal untuk Haiti : Rod Stewart
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews- Ada-ada saja usaha yang dilakukan segelintir orang untuk mempertahankan penampilan mudanya. Tak hanya sekedar bedah plastik untuk mengusir garis-garis kerutan di wajah, tapi kini banyak orang melakukan operasi bedah kosmetik untuk suara. Apa manfaatnya?

Suara ternyata juga bisa menandakan berapa usia Anda saat ini. Maka baik pria maupun wanita banyak melakukan operasi merubah suara agar terkesan lebih muda. Bahkan banyak pula pria dan wanita melakukan bedah kosmetik suara untuk meningkatkan daya tarik seksualnya.

Ini merupakan teknologi baru bedah plastik, yakni operasi angkat suara, mulai banyak diminati terutama kalangan selebriti. Bahkan di India mulai banyak wanita bersemangat melakukan prosedur bedah kosmetik suara.

Teknik bedah plastik angkat suara sebagian besar dilakukan oleh para profesional. Permintaan untuk melakukan teknik ini bahkan banyak datang dari kalangan pekerja dunia hiburan termasuk para selebriti.

Salah seorang penyanyi dan direktur musik Anu Malik seperti dikutip laman Times of India menyatakan bahwa, "Dalam dunia yang kompetitif saat ini, semua orang ingin suara yang besar dan beberapa orang ingin suaranya terdengar merdu.”

Dr Sanjay Bhatiya, seorang ahli bedah THT dari Mumbai juga mengatakan ada banyak permintaan dari pasien untuk mengubah suara agar terdengar lebih muda.

Operasi suara bisa menciptakan gelombang pasti. Di negara lain, seorang CEO harus memiliki suara yang berbeda, permintaan bedah suara ini juga banyak diminta wanita di India yang ingin suaranya terdengar lebih lembut.

“Tak hanya dari kalangan orang biasa, permintaan bedah suara juga banyak datang dari para pekerja televisi, mereka semua ingin suaranya dirubah agar terdengar lebih muda. Tak lama lagi teknik bedah suara ini pun akan populer,” tambah Dr Bhatiya.

Menurutnya, operasi suara atau thyroplasty melibatkan perpanjangan atau pemendekan dari pita suara, tergantung pada suara yang Anda inginkan sehingga bisa meningkatkan kualitas suara.

"Seperti senar gitar. Jika senar tidak ketat dan longgar, Anda tidak akan mendapatkan suara yang bagus. Operasi Angkat Suara bertujuan untuk memperbaiki ini," jelas Dr Sanjay Helale, spesialis THT dari Mumbai.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Seperti semua operasi plastik lainnya, operasi angkat suara dilakukan di bawah anestesi lokal. Ini berisiko karena jika Anda tidak menyukai nada suara setelah operasi, tidak banyak yang dapat Anda lakukan. Oktober lalu dilakukan Konfrensi Internasional Bedah Suara. Teknik ini mendapatkan banyak respon positif.

“Ada begitu banyak orang yang menanyakan pertanyaan mengenai hal ini, apakah ada klinik khusus suara di luar negeri dan sekarang menjadi topik besar disini," Ujar salah seorang penyanyi, Shibani Kashyap.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Selain untuk merubang tuning suara agar terdengar lebih muda, keuntungan besar lainnya bisa memperbaiki pita suara yang rusak. Sementara bagi kebanyakan pria yang memiliki suara feminin juga bisa merubahnya. (eh)

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024