"Saya Orang Terpenting di Manchester United"

Sir Alex Ferguson saat melawan Benfica
Sumber :
  • REUTERS/Jose Manuel Ribeiro

VIVAbola - 25 tahun sudah Sir Alex Ferguson melatih Manchester United. Segudang sukses, setidaknya 37 gelar, telah diraih arsitek asal Skotlandia itu. Ferguson pun mengutarakan kunci suksesnya selama melatih di Old Trafford.

Gelar yang sudah dipersembahkan Ferguson buat MU di antaranya 12 gelar Premier League dan dua trofi Liga Champions. Manajer 70 tahun itu juga menghasilkan banyak pemain hebat, seperti David Beckham, Eric Cantona, Ryan Giggs hingga Cristiano Ronaldo.

Ferguson pun berbagi kunci suksesnya melatih MU selama lebih dari dua dekade. Menurut Fergie, kuncinya hanya satu, yakni tidak boleh ada pemain yang lebih penting dari seorang manajer.

"Saya berbicara kepada direktur klub 15 tahun lalu, 'Anda harus ingat, orang paling penting di MU adalah manajer. Saya adalah orang terpenting di klub, harus begitu caranya. Dan bukan pemain'," tutur Ferguson seperti dikutip Mirror Football.

"Ketika pesepakbola menjadi lebih penting dari manajer, maka klub Anda akan mati. Sejarah hebat klub ini hanya akan menjadi sejarah. Saya orang terpenting di Manchester United," sambungnya.

Ferguson memang terkenal tegas menghadapi pemain. Bahkan dia tidak sungkan-sungkan untuk menghukum pemain bintang, seperti Beckham dan Wayne Rooney. Terakhir Ferguson mencadangkan Rooney karena striker tim nasional Inggris itu melanggar peraturan jam malam.

Menginjak usia ke-70, Ferguson belum berencana untuk pensiun. "Pensiun hanya untuk anak muda, bukan untuk orang tua. Anak muda bisa mencari kegiatan lagi setelah pensiun, tapi kalau orang tua tidak bisa," papar Ferguson. (irb)

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016