Putin Perintahkan Pasukan Elite Lintas Udara Rusia Terjun di Ukraina

VIVA Militer: Pasukan lintas udara Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)
Sumber :
  • dw.com

VIVA – Lewat perintah langsung Presiden Vladimir Putin, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) mengerahkan unit Pasukan Lintas Udara (VDV) ke wilayah Donetsk dan Luhansk. Satuan elite militer Rusia mendapat misi berat di kota Kremina dan Svatove.

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Perintah Putin kabarnya sudah sampai ke Komandan Pasukan Gabungan Ukraina untuk Operasi Militer Khusus di Ukraina, Jenderal Sergey Surovikin.

Dilansir VIVA Militer dari Evening Standard,  Pasukan Lintas Udara Rusia mendapat misi berat untuk menggagalkan upaya pasukan militer Ukraina, menerobos garis depan pertempuran.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Menurut informasi intelijen inggris, unit Angkatan Bersenjata Ukraina bakal melancarkan serangan diantara Kremina, Republik Rakyat Luhansk (LPR) dan Svatove di Republik Rakyat Donetsk (DPR).

VIVA Militer: Pasukan lintas udara Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VDV)

Photo :
  • euronews.com
LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Dalam laporan terbaru yang didapat,  Kementerian Pertahanan Inggris mengungkap jika militer Rusia sudah mengerahkan pasukan elitenya dalam waktu dua pekan terakhir.

"Dalam dua minggu terakhir, Rusia kemungkinan telah mengerahkan kembali elemen-elemen utama VDV (pasukan lintas udara) ke front Donetsk dan Luhansk di Donbas," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

Lebih dari itu, dalam dua bulan terakhir, pasukan yang sudah dikerahkan dalam sembilan bulan terakhir sudah berada dalam kondisi lemah dan butuh rotasi.

"Dari September hingga Oktober, sebagian besar unit VDV yang sangat lemah didedikasikan untuk pertahanan wilayah yang dikuasai Rusia di sebelah barat Sungai Dnipro di Oblast Kherson (provinsi)," Kementerian Pertahanan Inggris melanjutkan.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • ecfr.eu

"Beberapa unit VDV kemungkinan telah diperkuat dengan cadangan yang dimobilisasi.  Tugas operasional potensial untuk VDV termasuk mendukung pertahanan wilayah Kremina-Svatove di Oblast Luhansk atau memperkuat operasi ofensif terhadap kota Bakhmut di Oblast Donetsk," kata pernyataan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya