Wah, Pilot Cantik AS Ini Ternyata Seorang Muslim dari Iran

VIVA Militer: Pilot helikopter termpur Angkatan Darat AS.Kapten Leyla Zeinalpour
Sumber :
  • usar.army.mil

VIVA – Dunia tahu betul bagaimana hubungan antara Iran dan Amerika Serikat (AS) yang selalu penuh ketegangan. Seperti yang terjadi sebulan terakhir, militer AS dan Garda Revolusi Iran (IRGC) saling mengancam untuk menghancurkan. Tapi siapa sangka, ternyata ada sosok wanita Iran yang justru andalan Angkatan Darat AS (US Army).

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Dia adalah Kapten Leyla Zeinalpour, komandan armada ke-364 Ekspedisi US Army. Menurut data yang dikutip situs resmi US Army, Zeninalpour punya perjalanan panjang hingga menjadi salah satu pilot wanita yang mengendarai helikopter tempur AS semisal Black Hawk dan Apache.

Tak ada data yang menyebut di mana Zeinalpour lahir. Akan tetapi, US Army mencatat bahwa wanita beragama Islam ini lahir di Iran, 24 September 1983. Saat usianya sekitar 17 tahun, Zeinalpour dan keluarganya bermigrasi ke AS untuk mencari kehidupan yang layak.

Dua Tentara Amerika Jajan Es di Warung Situbondo, Bikin Heboh Warganet

VIVA Militer: Pilot helikopter termpur Angkatan Darat AS.Kapten Leyla Zeinalpour

Memiliki keinginan mengenyam pendidikan tinggi, Zeinalpour yang berstatus imigran di Negeri Paman Sam sempat putus asa. Akan tetapi Dewi Fortuna datang menghampirinya saat US Army Reserves (Pasukan Cadangan AS) mengontaknya.

Menhan Prabowo Kedatangan Jenderal Perang Angkatan Darat AS, Ini yang Dibahas

Mimpi Zeinalpour untuk mengenyam pendidikan tinggi pada akhirnya bisa terealisasi. Setelah menyelesaikan sekolah perwira US Army, Zeinalpour tergabung di Divisi Spesialis Logistik Otomatis US Army (MOS 92A). Setelah itu, wanita yang saat ini berusia 36 tahun mampu menyelesaikan pendidikan di Korps Pelatihan Petugas Cadangan (ROTC) Universitas Indiana-Universitas Purdue, Indianapolis.

"Saya bertekad untuk mendapatkan pendidikan di universitas AS dan militer memungkinkan itu. Saya akan selamanya berterima kasih untuk kesempatan itu. Karena, dengan itu saya bisa mendukung dan merawat keluarga saya," ujar Zeinalpour.

VIVA Militer: Pilot helikopter termpur Angkatan Darat AS.Kapten Leyla Zeinalpour

Jam terbang Zeinalpour semakin tinggi saat menyelesaikan pendidikan lainnya di Fort Rucker, Alabama, pada 2010. Sejumlah helikopter pun mampu dikendarainya. Beberapa diantaranya adalah TH-67 Creek, OH-58 Kiowa Warrior, dan AH-64D Longbow Apache.

Pada 2014, Zeinalpour bahkan menjadi salah satu personel US Army yang dikerahkan ke Kuwait bersama Batalyon Dukungan Penerbangan ke-90 dari Fort Worth, Texas. Kemampuannya sebagai pilot helikopter tempur AS kian lengkap, setelah lulus daru kurses kualifuikasi helikopter Black Hawk UH-60A/L.

Sebagai seorang wanita yang berasal dari Timur Tengah, Zeinalpour merasa kerja kerasnya sudah membuahkan hasil. Tak hanya bangga mewakili kaum hawa yang memutuskan berkarier di dunia militer, Zeinalpour juga merasa sudah membanggakan wanita-wanita Timur Tengah.

VIVA Militer: Pilot helikopter termpur Angkatan Darat AS,Kapten Leyla Zeinalpour

Baginya, menerbangkan helikopter tempur wajib memiliki kemampuan yang lengkap. Sebab, ada tanggung jawab besar yang diemban setiap pilot. Selain nyawa rekan, dalam pandangan Zeinalpour ada tanggung jawab untuk menjalankan artileri tempur dengan nilai jutaan Dollar AS.

"Jelas, itu memiliki makna yang lebih. Tak hanya mewakili semua wanita di dunia, tetapi juga bagi orang-orang dari Timur Tengah. Terlepas dari siapa Anda dan dari mana Anda berasal, Anda bisa memilih jalan Anda sendiri tentang cara melayani. Seperti saya, yang dibukakan pintu berdasarkan keinginan saya untuk bekerja keras," kata Zeinalpour melanjutkan.

"Yang terpenting adalah memiliki hasrat untuk itu. Karena, Anda tidak hanya bertanggung jawab atas semua orang di dalam pesawat, Anda juga bertanggung jawan untuk mengoperasikan peralatan bernilai jutaan dolar dengan aman dan kompeten," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya