Intelijen Taiwan: Kim Jong-Un Sakit

VIVA Militer: Direktur Biro Keamanan Nasional (NSB), Chiu Kuo-cheng
Sumber :

VIVA – Kepala Intelijen Taiwan telah mendapatkan informasi terbaru tentang kondisi Kim Jong-Un. Dan disebutkan bahwa ternyata Pemimpin Korea Utara masih hidup dan kini sedang sakit.

Presiden Korsel Yoon Suk Yeol Serukan Dukungan Global untuk Unifikasi Korea di Tengah Ketegangan

Semua itu terungkap dalam sidang pemerintah yang digelar baru-baru ini. Dikutip VIVA Militer dari Taiwan News, Jumat 1 Mei 2020.

Dalam sidang itu, Direktur Biro Keamanan Nasional (NSB), Chiu Kuo-cheng didesak untuk memberikan keterangan yang pasti tentang kondisi Kim, apakah sesuai laporan intelijen atau memang Kim sudah meninggal.

Korea Selatan dan AS Gelar Latihan Militer Besar-besaran, Siap Hadapi Ancaman Nuklir Korut!

Namun, Chiu disebutkan hanya tertawa dan menolak untuk menjawab permintaan anggota parlemen Taiwan yang terlibat dalam sidang itu.

"Jawaban saya adalah dari intelijen yang tersedia dan itu bukan pendapat," kata Chiu.

Beberapa Negara Eropa Kembali Ingin Coba Buka Kedubes di Korea Utara

Chiu mengaku tak mau memberikan penjelasan lebih detail tentang apa informasi yang didapatkan agennya tentang kondisi Kim. Sebab hal itu bisa membahayakan agen intelijen yang berada di Korea Utara.

Tapi dia dia meyakinkan para legislator bahwa rencana kontingensi telah siap untuk potensi perebutan kekuasaan di kawasan itu jika pemimpin Korea Utara itu menjawab.

Namun, wakilnya, Hu Mu-yuan, kemudian bersikeras bahwa intelijen mereka tidak dapat mengkonfirmasi status kesehatan Kim Jong Un.

"Dari apa yang kita ketahui, Kim masih bertanggung jawab dan mengendalikan militer Korea Utara dan pemerintahnya," kata Hu.

Untuk diketahui pula, kabar terakhir disebutkan memang Kim masih hidup. Hanya saja dia terluka akibat terkena rudal balistik yang diluncurkan dalam ujicoba pada 14 April 2020. Bahkan, Kim terdeteksi berada di vila mewahnya.

Baca: Ancaman Mengerikan GNA, Mau Bunuh Semua Wanita Lajang Libya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya