Kapal Perang Iran Dihantam Rudal, 19 Pelaut Tewas di Teluk Oman

VIVA Militer: Kapal perang kelas Moudge Fregate Jamaran
Sumber :
  • The Defense Post

VIVA – Sebuah kecelakaan terjadi di wilayah perairan Teluk Oman, saat kapal perang kelas Moudge Fregat Jamarand menembakkan rudal ke arah kapal lainnya dalam sebuah latihan militer, Minggu 10 Mei 2020.

AS di Bawah Ancaman Serangan Siber China?

Menurut laporan Al-Jazeera, peristiwa nahas itu terjadi saat rudal yang ditembakkan oleh kapal perang kelas Moudge Fregate Jamaran, mengenai kapal perang Iran lainnya. 

Rudal yang diluncurkan kapal perang Fregate Jamaran tak sengaja mengenai Kapal Konarak, sebuah kapal perang pendukung kelas Hendijan, yang sedang melakukan manuver.

Kemenhub Gandeng PT BKI Rawat Kapal Negara Kenavigasian

"Pada hari minggu sore, saat latihan dengan sejumlah kapal Angkatan Laut di perairan Jask dan Chabahar, kapal pendukung lampu Konarak mengalami kecelakaan," bunyi pernyataan Angkatan Bersenjata Iran (Artesh), dikutip Al-Jazeera.

Sementara itu, media ternama Iran, Tasnim, juga membenarkan kronologis insiden ini. Dalam laporannya, Tasnim juga menyebut bahwa rudal yang dilepaskan Jamaran tak sengaja menghantam Konarak.

PBB Sebut Rekonstruksi Pembangunan di Jalur Gaza Bisa Mencapai Rp 643 Triliun

"Fregate kelas Moudge Iran Jamaran tidak sengaja menabrak Kapal Konarak dengan rudal saat latihan," bunyi laporan Tasnim.

Insiden yang dianggap ceroboh ini menimbulkan pertanyaan baru seputar kesiapan Artesh di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat (AS). Sebab, peristiwa ini hanya berselang sebulan setelah Artesh tak sengaja menembak jatuh sebuah pesawat Ukraina, dan menewaskan 176 orang di Teheran.

Kapal asing Vietnam ditangkap mencuri ikan di Laut Natuna

2 Kapal Vietnam Diamankan KKP Terkait Penangkapan Ikan Ilegal di Perairan Natuna

Ditjen PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap dua Kapal Ikan Asing (KIA) asal negara Vietnam di perairan Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024