Militer Rusia Luncurkan Satelit Mata-mata Perang Nuklir

VIVA Militer: Satelit mata-mata Rusia diluncurkan dengan roket Soyuz-2-1b.
Sumber :
  • Nasa

VIVA – Rusia berhasil berhasil meluncurkan satelit mata-mata militer pendeteksi perang nuklir, Jumat 22 Mei 2020.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Dikutip VIVA Militer dari nasaspaceflight, pasukan Aerospace Rusia meluncurkan roket Soyuz-2-1b membawa satelit yang dirancang untuk memberi Kremlin peringatan dini serangan rudal.

Soyuz terangkat dari Plesetsk Cosmodrome sekitar pukul 10:31 Waktu Moskow (07:31 UTC), memulai misi multi-jam untuk mengirimkan satelit Tundra No.4 ke orbit Molniya elips. Misi yang berhasil diumumkan sekitar pukul 13:00 UTC.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Peluncuran membawa satelit Tundra keempat ke orbit. Pesawat ruang angkasa Tundra, yang merupakan bagian dari sistem pendeteksian rudal Kupol Rusia, memonitor Earth Do dari tempat-tempat menguntungkan mereka sambil menyaksikan tanda-tanda peluncuran rudal di bawah.

Kupol, yang sebelumnya dikenal sebagai Edinaya Kosmicheskaya Sistema (EKS)yang berarti Unified Space System adalah pengganti sistem Oko era Soviet yang berdiri memantau selama Perang Dingin.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Satelit Tundra dibangun oleh RKK Energia, yang berbasis di sekitar platform Viktoria yang dikembangkan perusahaan dengan pengalaman sebelumnya membangun satelit komunikasi Yamal pada akhir 1990-an. Tundra menggabungkan teleskop inframerah untuk mendeteksi sumber panas  seperti pembuangan dari peluncuran rudal - dengan sensor optik dan ultraviolet yang saling melengkapi juga dipasang. Menggunakan seperangkat instrumen ini, rudal dapat dilacak sepanjang penerbangannya, memungkinkan target potensial untuk diidentifikasi lebih cepat daripada dengan pelacakan radar darat.

Selain muatan deteksi rudalnya, setiap pesawat ruang angkasa Tundra juga dilengkapi dengan muatan komunikasi darurat yang dapat digunakan untuk mengirim pesanan ke pangkalan rudal strategis jika terjadi perang nuklir.

Satelit Tundra beroperasi di orbit Molniya kelas orbit sangat elips yang memungkinkan mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di belahan bumi utara. Orbit Molniya, yang namanya berasal dari kata Rusia untuk kilat, pertama kali digunakan pada 1960-an oleh serangkaian satelit komunikasi Soviet yang sama.

Orbit Molniya condong pada sekitar 63,4 derajat ke khatulistiwa. Kecenderungan ini tidak hanya memastikan bahwa satelit melewati lintang utara jauh dari permukaan Bumi, tetapi juga mengurangi hingga mendekati nol gangguan yang akan menyebabkan argumen perigee berubah dari waktu ke waktu.

Menggabungkan kemiringan 63,4 derajat dengan argumen perigee antara 270 dan 360 derajat, titik puncak orbit - titik terjauh dari Bumi - membeku di belahan bumi Utara. Periode orbit di bawah 12 jam memungkinkan dua putaran penuh untuk diselesaikan per hari - sehingga satelit selalu mencapai puncak pada dua titik yang sama di permukaan bumi setiap hari.

Untuk satelit pendeteksi rudal seperti Tundra, orbit Molniya memungkinkan konstelasi kecil satelit untuk memberikan cakupan terus-menerus dari daerah-daerah kritis dari mana serangan rudal dapat berasal, termasuk Amerika Utara serta Atlantik Utara dan Samudra Pasifik, dari mana rudal balistik diluncurkan kapal selam bisa dipecat.

Orbit ini juga memungkinkan jangkauan Kutub Utara - rute terpendek antara pangkalan rudal di Amerika Serikat dan banyak kemungkinan target mereka di Rusia - yang tidak akan mungkin jika satelit dioperasikan dalam orbit geostasioner.

Seperti halnya satelit Tundra, sistem Kupol mencakup segmen darat, dengan pusat kendali utama yang terletak di kota militer Serpukhov-15 dekat Moskow.

Rusia dan Amerika Serikat mempertahankan konstelasi satelit peringatan dini untuk memperingatkan pemerintah dan militer masing-masing akan potensi ancaman rudal yang masuk. Setara dengan AS untuk Kupol adalah Sistem Inframerah Berbasis Ruang (SBIRS) yang dioperasikan oleh Angkatan Udara AS.

Tidak seperti Kupol, SBIRS terutama menggunakan satelit geostasioner yang dapat terus mengamati cakram penuh Bumi dari posisi tetap relatif ke permukaan. Sensor tambahan yang didukung pada satelit National Reconnaissance Office (NRO) di orbit Molniya digunakan untuk mengamati wilayah paling utara yang tidak terlihat oleh pesawat ruang angkasa geostasioner.

Sekarang Tundra No.4 telah mencapai orbit, ia akan diberi nama baru di bawah seri Kosmos yang digunakan Rusia untuk merujuk ke satelit militernya di depan umum. Penunjukan Kosmos ditugaskan secara berurutan, dimulai dengan satelit Kosmos 1 diluncurkan pada Maret 1962.

Pada hari-hari awal perlombaan antariksa, penetapan juga diterapkan pada prototipe dalam program eksplorasi ruang angkasa dan planetary manusia Soviet dan untuk penyelidikan antarplanet yang gagal meninggalkan Bumi. orbit. Namun, dalam beberapa tahun terakhir penunjukan telah diterapkan secara eksklusif untuk pesawat ruang angkasa militer. Tundra No.4 diharapkan menjadi Kosmos 2546.

Baca: Ayatollah Khamenei Bongkar Kejahatan Amerika Bantai Umat Muslim Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya