Ternyata Amerika Serang Iran, Bunuh Jenderal Soleimani Demi Usir China

VIVA Militer: Militer Amerika.
Sumber :
  • US Army

VIVA – Ternyata Amerika Serikat memiliki misi lain di balik perang yang terus dikobarkan kepada Republik Islam, Iran.

Tekuk Indonesia 3-1, China Kawinkan Gelar Thomas Cup dan Uber Cup 2024

Misi lain Amerika memerangi Iran itu diungkap mantan anggota Dewan Keamanan Nasional Amerika, Richard Goldberg.

Menurutnya sebenarnya Amerika sama sekali tak berniat menjajah atau menguasai Iran. Hanya saja Iran memang sengaja terus ditekan agar Amerika mendapatkan tempat strategis di Timur Tengah.

Jonatan Christie Jaga Peluang, Indonesia Tertinggal 1-2 dari China di Final Thomas Cup

"Siapa yang ingin mengambil alih Iran, menjadikan Iran negara klien mereka, menjadikan pijakan mereka lebih dalam ke Timur Tengah secara strategis melalui Iran?" kata Goldberg dikutip VIVA Militer dari The National Interest, Rabu 10 Juni 2020.

Menurut perwira di Cadangan Angkatan Laut AS itu, sebenarnya Amerika di bawah pimpinan Donald Trump terus menjaga Iran sebagai bagian strategi untuk mengusir China dari Timur Tengah.

Final Thomas Cup Membara! China Gandakan Kedudukan Atas Indonesia Usai Fajar/Rian Tumbang

Pemerintahan Trump telah berusaha mengalihkan fokusnya ke pesaing besar seperti Rusia dan China di bawah Strategi Keamanan Nasional 2017, sebuah proses yang hanya dipercepat dengan pandemi Virus Corona atau COVID-19. Pergeseran sumber daya telah menimbulkan pertanyaan tentang masa depan kehadiran Amerika di Timur Tengah.

Namun Richard Goldberg, yang mengawasi urusan nuklir Iran di Dewan Keamanan Nasional dari 2019 hingga 2020, mengklaim bahwa kampanye tekanan maksimum Trump terhadap Iran akan berlanjut sebagai bagian dari kompetisi dunia dengan China.

Dia menambahkan bahwa menekan Iran juga akan membantu pemerintahan Biden potensial untuk mereset kebijakan dan untuk mendapatkan pengaruh maksimal untuk keterlibatannya sendiri, berpotensi, dengan Iran tahun depan.

Goldberg sekarang menjabat sebagai penasihat senior untuk Yayasan Pertahanan Demokrasi, yang menjadi tuan rumah seruan Senin untuk membahas laporan PBB tentang kegiatan nuklir Iran.

Behnam Ben Taleblu, seorang rekan senior di yayasan itu, menyarankan menghadapi Iran juga bisa menjadi contoh bagi Rusia dan China di masa depan.

"Ada elemen regional untuk persaingan kekuatan besar. Musuh kita menyaksikan bagaimana kita berurusan dengan musuh kita yang lain," katanya.

Trump telah melakukan kampanye tekanan maksimum yang bertujuan memaksa pemerintah Iran untuk mengubah kebijakan dalam dan luar negeri. Kampanye ini telah difokuskan pada tekanan ekonomi.

Hanya saja tak cukup sampai di situ, Amerika bahkan tega membunuh Komandan Pasukan Quds, Mayor Jenderal Qassam Soleimani hingga terjadi pertempuran militer singkat dengan Iran pada Desember 2019 dan Januari 2020.

Tapi walau bagaimana pun, Iran tetap menantang, dan bahkan meningkatkan penelitian nuklirnya melewati batas yang ditentukan dalam kesepakatan 2015 dengan enam kekuatan dunia. Amerika Serikat pada awalnya bagian dari kesepakatan, tapi mundur pada awal kampanye tekanan maksimum.

Goldberg mengatakan fokus intens administrasi Trump akan mencakup tekanan maksimum yang berkelanjutan dan membawa pelanggaran nuklir Iran ke Dewan Keamanan PBB.

Pemerintahan Trump telah mencoba untuk mengaktifkan mekanisme snapback PBB, yang akan mengembalikan sanksi internasional terhadap Iran yang dicabut berdasarkan kesepakatan 2015.

Rusia, Cjina, dan negara-negara Eropa semuanya menolak snapback dalam hal yang keras, meskipun Amerika Serikat berpendapat bahwa itu tidak memerlukan persetujuan negara lain berdasarkan ketentuan kesepakatan 2015.

Goldberg mengklaim bahwa laporan PBB pekan lalu, yang menyuarakan keprihatinan serius tentang kurangnya transparansi Iran, akan menempatkan negara-negara Eropa dalam suasana kontemplatif.

Baca: Ribuan Tentara China dan India Mendadak Mundur dari Area Perang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya