Drone Militan Suriah Serang Pangkalan Militer Rusia

VIVA Militer: Armada Militer Rusia di Pangkalan Udara Hmeimim, Suriah
Sumber :
  • Al-Masdar News

VIVA – Pasukan kelompok militan Suriah atau (IS/ISIS) kembali melancarkan serangan ke pangkalan udara terbesar militer Rusia, Hmeimim di Suriah. Serangan yang digencarkan pada hari Sabtu, 11 Juli 2020 itu adalah serangan kedua kalinya yang dilakukan kelompok jihadis Suriah terhadap basis pertahanan militer Rusia dan tentara nasional Suriah pimpinan Bashar Al-Asaad.

Drone Ukraina Serang Pangkalan Udara Rusia, 6 Pesawat Hancur

"Pemberontak jihadis menembakkan beberapa drone rudal yang lepas landas dari poros Latakia-Idlib malam ini," dikutip VIVA Militer dari Al-Masdar News, Minggu, 12 Juli 2020.

Salah satu sumber Tentara Arab Suriah (SAA) yang tidak menyebutkan namanya mengatakan, serangan drone kelompok jihadis Suriah itu berhasil dilumpuhkan oleh pertahanan udara Rusia dan Suriah sebelum sampai ke target pangkalan udara Hmeimim, kota pesisir Jableh di Kegubernuran Latakia. Pesawat nirawak atau drone jihadis Suriah itu berhasil ditembak jatuh dalam serangan tersebut.

Sosok Zahedi, Jenderal Iran yang Dibunuh Jet Tempur Siluman Israel

VIVA Militer : Drone militan Suriah ditembak jatuh tentara Rusia

Untuk diketahui, pemberontak jihadis Suriah akhir-akhir ini sering meluncurkan serangan yang menargetkan pangkalan militer Rusia di Hmeimim.  Serangan itu dilakukan untuk menunjukkan kepada pemerintahan Asaad bahwa mereka telah gagal dalam menjalankan operasi besar-besaran terhadap pasukan militan Suriah meskipun sudah mendapatkan dukungan dari negara-negara sekutu Asaad.  

Putin Kirim 300 Ribu Tentara Rusia Cadangan ke Ukraina

Serangkaian serangan kelompok militan Suriah itu telah membuat geram Angkatan Bersenjata Rusia. Karena sebelumnya, Turki telah memberikan jaminan kepada Rusia dan pemerintah Suriah tentang pembubaran kelompok-kelompok jihadis di Suriah. Rusia mengklaim bahwa Turki telah gagal mengusir para militan Suriah dari beberapa daerah di Suriah barat laut. Rusia menganggap kehadiran kelompok militan Suriah itu sudah mengganggu stabilitas keamanan dan politik di Suriah dan negara-negara tetangganya. 

Baca: Geger, Kapal Perang Rusia yang Membuat Amerika Ciut Muncul di Barents

Masyarakat Timur Tengah Beli Manisan Untuk Lebaran (Doc: Xinhua)

Meski Ekonomi Sulit, Pasar-pasar di Timur Tengah Tetap Ramai Jelang Idul Fitri

Negara-negara Timur Tengah lainnya berkumpul di pasar untuk berbelanja permen, pakaian, meski mengalami kesulitan ekonomi

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024