Truk-truk Perang Militer Sekutu Balapan di Rusia

VIVA Militer: Perlombaan Army Games 2020, Kategori Military Rally
Sumber :
  • Ministry of Defense of the Russian Federation

VIVA – Rusia mengadakan perlombaan militer terbesar yang diikuti negara sekutunya. Pertandingan internasional angkatan darat tahun 2020 akan dimulai di Republik Tyva. Kategori yang akan dipertandingkan adalah Military Rally dan Equestrian Marathon.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Sebelum pertandingan dimulai, lebih dulu diadakan upacara pembukaan kompetisi. Upacara ini berlangsung di alun-alun Arata, ibu kota Republik Tyva, Kyzyl. Acara ini dihadiri oleh Komandan Distrik Militer Pusat, Kolonel Jenderal Alexander Lapin.

Selain itu terlihat pula perwakilan dari Kementerian Pertahanan Federasi Rusia dan Angkatan Bersenjata negara asing, yang meliputi Belarusia, Serbia dan Uzbekistan, kepala Republik dari Tuva, Sholban Kara-ool, dan perwakilan dari pemerintah daerah.

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

"Dalam hal intensitas gairah, kompetisi kami tidak jauh berbeda dengan kejuaraan olahraga terbesar di dunia. Di dalamnya, penonton akan melihat komando kelas atas kendaraan militer modern dan masih banyak lagi,” kata Lapin dikutip VIVA Militer dari situs resmi Menteri Pertahanan Rusia Senin 24 Agustus 2020.

Ia juga mengungkapkan tujuan utama dari kompetisi ini tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme saja. Tapi dalam rangka untuk memperkuat kemitraan militer, serta persaudaraan di antara Rusia dengan negara-negara koalisinya.

Mabes TNI Mulai Bahas Strategi dan Taktik Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT WWF Bali

“Saya yakin bahwa acara bersama seperti ini akan secara signifikan memperkuat kemitraan tempur antara negara kita dan akan berkontribusi pada kemakmuran mereka," lanjut Kolonel Jenderal Lapin.

VIVA Militer: Perlombaan Army Games 2020, Kategori Equestrian Marathon

Dia menambahkan bahwa kompetisi Military Rally akan dihadiri oleh tim perusahaan terkemuka dari industri otomotif Rusia, yaitu pabrik mobil Kama dan Ural. Kedua perusahaan itu akan mendemonstrasikan kekuatan peralatan militer Rusia. 

Selain itu, tampil pula tim angkatan bersenjata Belarusia, Serbia, dan Uzbekistan. Sementara itu, untuk kategori Equestrian Marathon akan dihadiri oleh tim Rusia dan dari tim Uzbekistan. Dua kategori ini akan berlangsung dari 23 hingga 30 Agustus 2020 mendatang.

Kategori Military Rally sendiri merupakan kontes yang dilakukan oleh peserta untuk memperlihatkan keunggulan, kemampuan kendaraan di lapangan, serta kelancaran dalam mendemonstrasikan kemampuan tempurnya (seperti pertunjukan) dengan kendaraan taktis modern.

Military Rally juga terbagi dalam tiga kategori. Kendaraan taktis (rantis) yang masuk dalam kategori A merupakan rantis ringan 4x4 dengan berat kendaraan sekitar 0,5 hingga 0,8 ton. Lalu kategori B, rantis cargo truk 4x4 dengan berat kendaraan sekitar 3,0 sampai 3,5 ton. Mereka saling balapan unjuk gigi ngebut di lintasan.

Kemudian kategori C, rantis cargo truk 6x6 dengan berat kendaraan sekitar 6,0 hingga 8,0 ton. Untuk kategori Equestrian Marathon atau dikenal dengan maraton berkuda. Para peserta diminta harus bisa menguasai medan dengan jarak dekat dan jauh dengan menunggang kuda dan melewati rintangan tertentu.

Pemenangnya dapat terlihat dari tim yang berhasil melewati serangkaian rintangan dengan waktu tercepat. 

Baca: Foto Satelit Menangkap Kapal Selam Nuklir China Masuki Gua Rahasia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya