Militer Amerika Bombardir Markas Al-Shabaab, 6 Orang Tewas

VIVA Militer: Kelompok Ekstrimis Islam al-Shabaab di Somalia, Afrika
Sumber :
  • Military

VIVA – Komando Amerika Serikat yang berada di Afrika menyatakan telah membombardir markas kelompok teroris al-Shabaab di Somalia. Dalam serangan udara itu, 6 anggota teroris tewas.

Ancam Prancis, Rudal Nuklir Rusia Mampu Hancurkan Kotanya dalam 3 Menit

“Pada hari Senin kemarin, pasukan Angkatan Udara Amerika meluncurkan serangan udara di dekat desa Darasalam di wilayah Lower Shabelle Somalia selatan,” kata Komando Amerika yang dikutip VIVA Militer dari pernyataan resmi Kamis 27 Agustus 2020.

Mereka juga menambahkan jika serangan itu dilakukan, setelah pejuang al-Shabaab menyerang pasukan Amerika dari sebuah bangunan di daerah tersebut. Pernyataan lain juga mengungkapkan jika tiga pejuang al-Shabaab lainnya ikut terluka.

Pilkada Serentak di Depan Mata, Komando Armada III Siap Amankan Wilayah Indonesia Timur

Namun tidak ada tentara Amerika yang terluka dalam kejadian itu. Sementara itu Pemerintah Somalia, dalam pernyataan terpisah mengungkapkan jika pasukan AS di sana adalah untuk membantu pasukan lokal.

VIVA Militer: Kelompok Ekstrimis Islam al-Shabaab di Somalia, Afrika

Bentrok Lawan Petarung Pasukan Elite Pandawa Kostrad TNI, Jawara Tinju Nasional Dibuat Kewalahan

Al-Shabaab menjadi kelompok ekstremis Islam yang kini paling aktif di Afrika. Presiden AS Donald Trump, dengan tegas meminta untuk meningkatkan jumlah serangan melalui udara atas kelompok itu. Komando AS di Afrika menyatakan pula jika kelompok itu adalah tanda bahaya bagi Afrika dan Amerika Serikat.

Serangan balasan yang dilakukan oleh Amerika adalah karena pasukan ekstrimis islam itu, pertama kali membunuh seorang prajurit dan dua kontraktor Amerika pada bulan Januari kemarin. Pada saat itu, ketiga korban tengah berada di Kenya.

Usai membunuh pasukan Amerika, mereka menyebarkan sebuah foto yang berisikan para pejuang dengan topengnya tengah berdiri di samping pesawat yang terbakar. Sejak saat itu, militer AS mulai memperingati kelompok itu atas apa yang sudah dilakukannya. 

Baca: Urusan Bela Yunani, Prancis Berani Main Ancam Pada Turki

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Maruli resmikan 50 sumber air bersih di Toba

Aksi Mulia KSAD Maruli Bangun 50 Sumber Air Bersih hingga Sumbang Perahu Pengangkut Sampah di Toba

50 sumber air bersih yang diresmikan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak diperuntukkan sanitasi pertanian di sekitar Toba, Tapanuli Utara

img_title
VIVA.co.id
20 September 2024